Efektifitas Penggunaan Mnemonik Terhadap Prestasi Belajar Kosakata Siswa
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengajaran kosakata dengan menggunakan teknik mnemonik efektif dalam pengajaran kosakata bagi siswa kelas sembilan yang dididik di SMP N 2 Ketanggungan selama tahun ajaran 2023/2024. Hipotesis penelitian yang dihasilkan dirumuskan dalam konteks tinjauan teoritis dan kerangka teori terkait: Pada tahun ajaran 2023/2024, siswa kelas sembilan SMP N 2 Ketanggungan diajari kosakata secara efektif menggunakan teknik mnemonik. Populasi penelitian adalah seluruh siswa peserta SMP N 2 kelas IX semester I tahun pelajaran 2023/2024. Sebanyak 164 orang terdaftar sebagai pelajar. Lima puluh siswa dipilih untuk sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Peneliti membagi siswa menjadi dua kelompok: kelompok I, kelompok eksperimen yang terdiri dari 25 siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan teknik mnemonik, dan kelompok II, kelompok kontrol tanpa pembelajaran teknik mnemonik. Penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda sebagai instrumennya. Pada pre-test dan post-test disajikan empat puluh soal pilihan ganda. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kinerja kelompok kontrol (64,64), yang lebih rendah dibandingkan skor posttest kelompok eksperimen sebesar 78,92. Mengidentifikasi tingkat signifikansi (dua sisi) kurang dari 0,000 < 0,05 Berdasarkan hasil data, hipotesis awal (H0): Teknik Mnemonic tidak memberikan pengaruh positif terhadap pengajaran kosakata (ditolak), sedangkan hipotesis alternatif (H1) : Teknik Mnemonic memberikan efek positif pada pengajaran kosakata (diterima). Hal ini menunjukkan bahwa pada bidang akademik 2023/2024, teknik mnemonik dapat meningkatkan kosakata siswa kelas IX SMP N 2 Ketanggungan. Kemudian, peneliti mengusulkan agar guru bahasa Inggris menggunakan teknik ini untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa SMP.
Article Details
References
Bayad Jama Ali, G. A. (2021). Vocabulary Learning Strategies and Foreign Language Acquisition. Vocabulary Learning Strategies and Foreign Language Acquisition, 6(3), 1–197
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2000). Research Methods in Education (5th ed.). Routledge Falmer. https://doi.org/9780203224342
Creswell, J. W. (2012). Educational Research (4th ed.). Pearson Education.
Dauletbaevna, U. A. (2022). The Importance of Teaching Vocabulary. Journal of Pedagogical Inventions and Practices, 2020–2022.
Foster, J. . (2009). A Very Short Introduction. Oxford University Press..
Gulo, Y., Damai Laia, R., & Dian Ndraha, L. M. (2022). IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY ON NARRATIVE TEXT THROUGH MNEMONIC METHOD AT THE SEVENTH GRADE OF SMP 1 HURUNA Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Nias Raya. Research on English Language Education (Relation Journal), 4(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Relation
Harmer, J. (2001). The Practice of English Language Teaching (3rd ed.). Person Education Limited.
Jabar Al-Atabi 2020 What is Writing
Kim, T. K. (2015). T test as a parametric statistic. Korean Journal of Anesthesiology, Table 2, 167–206.
Kristin Natalina Nugraha Bakti (2017). Vocabulary Learning Strategies Used by Junior High School Students
(Azimova, 2020) ANALYSIS OF DIFFICULTIES IN VOCABULARY ACQUISITION
Levin, J. R. (1993). Mnemonic Strategies and Classroom Learing: A Twenty Year Report Card. The Elementary School Journal, 94. https://doi.org/94020010501.00
Lucy Widiyaningsih, M., & Sofian Hadi, M. (2021). Improving students vocabulary through hyponym game: A study of English in junior high school. In Linguistics and Education Journal (Vol. 1, Issue 1).
Mutmainnah. (2021). The Effectiveness of Menemonic Keyword Method to Improve Students’ Vocabulary Mastery. English Education Journal, 4(2), 79–90.
Neil R Carlson. (1992). Fondation of Psychology (2nd ed.). Allyn and Bacon.
Niati, D. R., Siregar, Z. M. E., & Prayoga, Y. (2021). The Effect of Training on Work Performance and Career Development: The Role of Motivation as Intervening Variable.
Ovan, O., & Saputra, A. (2020). CAMI: Web-Based Application to Test Validity and Reliability of Research Instruments.
Pieter A Napa. (1991). Vocabulary Development skills. Kanisius.
Solso, R. . (1995). Cognitive Psychology (4th ed.). Aalyn & Bacon.
Sudjana (2015) Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Thao, T. M. (2022). THE APPLICATION OF MNEMONIC STRATEGIES TO IMPROVE EFL STUDENTS ’ APTITUDE FOR VOCABULARY Tr?n Mai Th?o University of Foreign Language Studies , The University of Danang , There is no doubt that vocabulary plays a vital role in the use of language . The im. 7(2), 166–183.
Syahrip et al., (2019) Improving Students Vocabulary Mastery By The Used Of Mnemonic Technique
Sulistianingsih et al., (2019) The Effect on Interactive Board Games (IBG) on Vocabulary Achievement