Pengaruh Minat, Gaya, dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di MAN Kota Tegal

Main Article Content

Rina Pirdau Siljannah
Neni Hendaryati
Beni Habibi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh Minat, Gaya, dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS MAN Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sejumlah 69 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk mengukur variabel Minat, Gaya, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Kuesioner ini telah melalui proses validasi dan reliabilitas untuk memastikan keakuratan data. Analisis data menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu Minat, Gaya, dan Aktivitas Belajar, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan pada setiap variabel independen berkontribusi terhadap peningkatan Hasil Belajar. Selain itu, studi ini juga mengungkap bahwa Minat Belajar memiliki pengaruh yang paling dominan dibandingkan dengan Gaya dan Aktivitas Belajar. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pendidik dan pembuat kebijakan pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif. Mereka dapat memfokuskan upaya untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa, serta mengadaptasi gaya mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur dalam bidang pendidikan ekonomi dan pembelajaran siswa, khususnya dalam konteks pendidikan menengah atas.

Article Details

Section
Articles

References

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Nuraini, Fitriani, & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939
Salem, J. A. M., Paat, W. R. L., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Sinonsayang. Edutik?: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 132–138. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.1172
Dewi, Lus Viana, dkk. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 10 No. 2.
Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF Muliana. Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64.
Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Prihatin, M. S. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar, dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(5), 443–452.