Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Trait and Factor untuk Mengatasi Gangguan Disleksia Siswa SMP N 3 Brebes

Isi Artikel Utama

Erfian Syach Novantio
Sitti Hartinah
Suriswo Suriswo

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang mengalami gangguan disleksia. Permasalahan ditandai dengan siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis pra eksperimen. Populasi 192 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 6 siswa dengan tingkat gangguan disleksia sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, skala sikap, observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian validitas, reliabilitas, analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, analisis hipotesis dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) faktor siswa SMP N 3 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023 mengalami gangguan disleksia menunjukan kurangnya rasa perhatian belajar membaca dari orang tua, 2) kurangnya dalam waktu belajar membaca sehingga menghambat proses belajar karena sulitnya dalam memahami suatu bacaan, 3) hasil data pengujian statistik uji paired sample t-test dengan bantuan IBM SPSS versi 26 hasil yang dapat diketahui apabila nilai sig.(2 tailed) adalah sebesar 0.000, yang mana 0.000 < 0.005, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Pendekatan Trait And Factor dapat untuk mengurangi Gangguan Disleksia Siswa SMP N 3 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Azwar,Saifuddin.(2018). Metode Penelitian Psikologi.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Creswell, John W. (2018) Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 4th ed. Printed in the United States of America Library of Congress Cataloging-in-Publication Dat