Konseling Individual Untuk Mencegah Kenakalan Remaja Menggunakan Pendekatan Behavioristik Dengan Media Time Management (Studi Kasus Santriwan Di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang)
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah unuk mengetahui : 1. Kenakalan remaja yang ada di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang. 2. Faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja di pondok pensantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang. 3. Peran pengurus terhadap santriwan yang melanggar tata tertib di pondok pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang. 4. Pendekatan layanan konseling individu diambil guna untuk mencegah kenakalan remaja. Subyek penelitian ini adalah santriwan yang mondok di pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara karena dengan tujuan agar pembahasan sesuai dengan tema yang diambil. Teknik analisis yang digunakan studi kasus deskriptif dan triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data.
Article Details
References
Aji P, Dalal dalam Tafsir Al-Qur’an Al –Azim Karya Ibnu Kasir, Tesis (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009).
Apriyanti, M. E., & Syahid, S. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68-76.
Aprizal, R. (2022). Penerapan Teori Behavioristik Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa SD Negeri 126 Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 267-276.
Asmariani, A. (2018). Hubungan Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 6(2), 67-88.
Atmaja, S. N. C. W., Oktavianna, R., Saputri, S. W., Purwatiningsih, P., & Benarda, B. (2021). Time Management Untuk Hidup Lebih Efisien dan Efektif. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 3(1), 60-63.
Baharudin, P, Zakarias, JD, & Lumintang, J. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kenakalan Remaja (Suatu Studi di Kelurahan Kombos Barat Kecamatan Singkil Kota Manado). HOLISTIK, Jurnal Sosial dan Budaya .
Dede Rahmat Hidayat (2011) Psikologi Kepribadian Dalam Konseling : Teori dan Aplikasi Bogor : Ghalia Indonesi
Dhori, M. (2021). Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 110-124.
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133.
Dwi Nugroho Hidayanto (2019) Manajemen Waktu : Filosofi-Teori-Implementasi Depok : Rajawali Pers.
Een, E., Tagela, U., & Irawan, S. (2020). Jenis-Jenis Kenakalan Remaja Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Di Desa Merak Rejo Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 30-42.
Hartini, N., & Ariana, A. D. (2016). Psikologi konseling: Perkembangan dan penerapan konseling dalam psikologi. Airlangga University Press.
Ida Umami (2019) Psikologi Remaja IDEA Pers Yogyakarta
Istati, M. (2021). Konseling Individual: Sebuah Pengantar Keterampilan Dasar Konseling Bagi Konselor Pendidikan.Guepedia : Banjarmasin.
Komar, F. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orangtua dengan Anak Terhadap Kenakalan Remaja Pada Siswa: Studi Kasus SMP Negeri 2 Salapian. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan , 11 (1), 20-38.
Kumarruzaman. (2016). Bimbingan Konseling. Pustaka Rumah Aloy: Pontianak.
Kun Maryati ( 2006 ) Sosiologi Untuk SMA Dan MA kelas 12 jlid 3 Bandung : Esis.
Mardiyani, K. (2022). Perilaku Tujuan Dan Penerapan Teori Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal , 2 (5),260-271.
Maulana, M. A. (2019). Studi Kasus Kenakalan Remaja Tingkat Sekolah Menegah Pertama di Kota Sukoharjo. Edudikara: Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 4(1), 91-98.
Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Journalof Psychological Perspective, 1(1), 29-34.
Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2020). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di Smp Araisiyah. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 84.
Putri, J. D., Nugroho, I. P., & Pratiwi, M. (2019). Hubungan Keterlibatan Siswa dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa SMA X Kertapati. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 5(2), 73-77.
Rahayu, W. D., Hendriana, H., & Fatimah, S. (2020). Perilaku Membolos Peserta Didik Ditinjau Dari Faktor-Faktor Yang Melatarbelakanginya. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(3), 99-106.
Rasimin, & Hamdi, M. (2018). Bimbingan dan Konseling Kelompok. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Riyanto,W.(2019). Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Menggunakan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono.
Rosleny Marliani (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung
Rufaedah, E. A. (2018). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4 (1, March), 13-30.
Saputra, A. A., Baharuddin, B., Rasyid, M. R., & Akidah, I. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Di Mts Pesantren Pondok Madinah Makassar. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 123-134.
Shofiyani, A., Aisa, A., & Sulaikho, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik di MI Al-Asyari’ah Jombang. Al-Lahjah, 5(2), 22-31.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sukirno, A. (2015). Teori & Teknik Konseling. Puri Kartika Banjasari: Serang.
Sodik, H., & Arifin, F. (2022). Kenakalan Remaja, Perkembangan dan Upaya Penanggulangannya. Tafhim Al-'Ilmi , 14 (1), 125-141.
Sofyananjani, B., Setyawan, C., Aqomaddina, F., Monika, M., & Ruhaena,L.(2021). Manajemen Waktu Belajar Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi. Abdi Psikonomi, 73-77.
Suhesty, A., Setiaji, A., Amalia, R., & Wibisono, M. D. (2019). Seminar “Kenakalan Remaja,Pencegahan Dan Penanggulangannya”. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(1), 71-78.
Supriyadi, I. (2019). Sosialisasi Kenakalan Remaja Milenial. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 2(2).
Surur, AM, & Nadhirin, AU (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 5 (2), 81-94.
Ulfiah. (2020). Psikologi Konseling Teori dan Implementasi. Kencana: Jakarta.
Yusuf, Syamsu & Nani M. Sughandi. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT Raja Grafarindo Persada.
Zulkifli, A., Fauzi, A., & Mulkiyan, M. (2022). Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy Dengan Teknik Cognitive Restructuring Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 8(2), 1-9.