Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik Kelas VIII B MTs Al-Muawanah Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023
Main Article Content
Abstract
Tujuan melakukan penelitian pada objek tersebut adalah untuk mengetahui tingkat sikap kepedulian sosial peserta didik kelas VIII B MTs. AL-Muawanah Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023 sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal, serta mengetahui pengaruh layanana bimbingan klasikal dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan menggunakan Pre Eksperimental, jenis One Group Pretest-Posttest Desain. Teknik analisis data yang digunakan rumus t-test. Hasil penelitian yang diperoleh sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal terkait sikap kepedulian sosial, kategori rendah 79,2%, kategori cukup 16,6%, dan kategori tinggi 4,2% dengan nilai rata-rata sebesar 45,25. Sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal pada peserta didik terjadi peningkatan sikap kepedulian sosial, 95,8% berkategori tinggi dan kategori sangat tinggi 4,2% dengan jumlah nilai rata-rata sebesar 67.15. Jadi, Tingkat sikap kepedulian sosial peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal mengalami kenaikan nilai rata-rata dari sebelumnya 42.25 menjadi 67.15.
Article Details
References
Pertiwi, Hesti. 2020. ‘Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari – Hari Melalui Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling Kelas Xi Sma Negeri 3 Sukadana’. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling 2(2):65–69. doi: 10.30872/ibk.v2i2.652.
Safitri, Restu Amalia. 2020. ‘Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas VIII SMP’. Jurnal Konseling Gusjigang 6:24–30. doi: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i1.6351
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2014. Teori-Teori Psikologi Sosial. 17th ed. edited by Rahmatika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Shadiqi. 2018. ‘Buku Psikologi Sosial’. Buku Psikologi Sosial (December):227–60.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan-19. Bandung: Alfabeta.