Analisis Besarnya Pengaruh Motivasi Belajar dan Self-Confidence Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas XI

Main Article Content

Muhammad Nurrohman
Dian Nataria Oktaviani
Munadi Munadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari motivasi belajar dan  self-confidence terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa, serta untuk melihat mana yang lebih berpengaruh antara motivasi belajar dan self convidence terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar (X1) dan Self-Confidence (X2) sebagai variabel bebas, dan Hasil Belajar Kognitif Matematika (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA. Dengan sampelnya adalah kelas XI MIPA 5 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket motivasi belajar, angket self-confidence, dan hasil PAT semester genap matematika tahun ajaran 2022-2023. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, dan analisis koefisien determinasi yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 25.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif matematika sebesar 63,4%, begitu juga untuk self-confidence juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa sebesar 63%. Dan motivasi belajar dan self-confidence bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa dengan pengaruh sebesar 73,6%.

Article Details

Section
Articles

References

Hendriana, H., Euis, E.H., & Utari, S. 2017. Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.
Priyatno, D. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Pujiadi. 2016. Kurikulum Matematika 2 dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rifa’i, A & Anni, C. T. 2016. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.