The Influence of Animation Movies Towards Students Writing Skill in Narrative Text at Tenth Grade of SMKN 1 Warureja Tegal

Main Article Content

Irfaul Maulida
Masfuad Edi Santoso
Nur Laila Molla

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan film animasi signifikan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dan perbedaan antara kemampuan menulis siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan film animasi dalam pembelajaran teks naratif. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental. Jumlah siswa yang terdaftar 72 siswa dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang lebih besar dalam menulis siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 70,97 dibandingkan dengan nilai pretest sebesar 51,67. Uji-t independen menghasilkan nilai sig 2-tail sebesar 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Selain itu, ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan film animasi dalam pembelajaran narasi. Hal ini dapat dilihat dari data yang menunjukkan bahwa nilai sig 2-tail sebesar 0,000 < 0,05 dengan menggunakan paired uji-t sampel. Jadi, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan film animasi secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif pada setiap aspek.

Article Details

Section
Articles

References

Aflahatun, N., & Prihatin, Y. (2018). The Use of Google Drive to Improve Student’s Essay Writing Skill, Faculty of Teacher Training and Education, Pancasakti University of Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(2), 112–120. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i2.142
Agusta, D. (2015). Improving Students ’ Ability in Writing Narrative Texts Using Short Animated Stories At Class Viii C of Smpn 2 Sanden , Bantul in the Academic Year of 2013/2014. 203. http://eprints.uny.ac.id/26574/1/Skripsi.pdf
Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Metode Quantum Learning [Improving Narrative Writing Skills Using Audiovisual Media and Quantum Learning Methods]. Refleksi Edukatika, 6(2), 158–171.
Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun, mudzantun. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 237–244. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19400
Ginting, et al. (2019). Improving Students’ skill in Writing Narrative Text Through Animation Movie. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 3(1), 230–237. https://doi.org/10.31539/leea.v3i1.1000
H. Douglas Brown. (2000). Douglas. Teaching by Principles_ An Interactive Approach to Language Pedagogy ( PDFDrive ).pdf (pp. 17–491).