Teacher's Analysis of Problem-Based Learning Methods Applied in Teaching English

Isi Artikel Utama

Erda Ayu Febyanti
Noeris Meiristiani
Ihda Rosdiana

Abstrak

Dalam Kurikulum 2013, sistem pendidikan melakukan beberapa perubahan dari pendekatan yang berpusat pada guru menjadi pendekatan yang berpusat pada siswa. Tujuan Kurikulum 2013 adalah untuk menciptakan kemampuan kolaborasi, komunikasi, pemecahan masalah, dan berpikir kritis siswa. Salah satu jenis strategi pembelajaran untuk tahun 2013 adalah pembelajaran berbasis masalah. Dengan demikian, penelitian ini mengeksplorasi persepsi guru bahasa Inggris tentang penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pengajaran bahasa Inggris. Desain penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data diperoleh dari tiga guru Bahasa Inggris kelas VII, VIII, dan IX di SMP N 04 Taman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah terdapat beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan; dan (2) masalah yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah terkait dengan penentuan karakteristik siswa terkait masalah.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ali, S. S. (2019). Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English Language Teaching, 12(5), 73. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p73
Amrilloevich, I. A. (2022). Problem-Based Learning?: Content , Essence , Possibilities. Journal of Positive School Psychology, 6(10), 2367–2377. problem, problematic education, problematic learning, problem-based learning, content, essence, advantages, consultative support, comparative analysis, type of educational practice.
Apriliadewi, P. A. R. (2017). an Analysis of the Implementation of Problem Based Learning in Learning English At the Xi Grade Science Class of Sma Negeri 1 Singaraja in the Academic Year 2015/2016. International Journal of Language and Literature, 1(1), 11. https://doi.org/10.23887/ijll.v1i1.9613
Bakhruddin, M., Shoffa, S., Holisin, L., Ginting, S., Fitri, A., Lestari Widya, L., Pudyastuti E., Z., Zainuddin, M., Alam Vanni, H., & Kurniawati, N. (2021). Strategi Belajar Mengajar (I). CV. Agrapana Media.
Bashith, A., & Amin, S. (2017). The Effect of Problem Based Learning on EFL Students ’ Critical Thinking Skill and Learning Outcome. 24(2), 93–102. https://doi.org/i:http://dx.doi.org/10.15548/jt.v24i2.271
Creswell, J. W. (2012). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (K. Mason (ed.); 4th ed.). 2012.
Isrokijah. (2020). Problem based learning: a model in teaching English at junior high school. 1(2), 133–141. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33474/j-reall.v1i2.6900 Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247–259. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.17674
Kurniawati, S. (2022). EFL Teachers ’ Perspective on the Implementation of Problem-Based Learning During the Pandemic Era. 1(1), 37–54. https://ejournal.iain.kerinci.ac.id//index.php/progress
Puspitasari, M. J. (2019). The Implementation of Problem Based Learning in Teaching Speaking Analytical Exposition Text to Eleventh Grades. Retain, 7(4), 24–31. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/43/article/view/31015%0Ahttps://jurnalm ahasiswa.unesa.ac.id/index.php/43/article/download/31015/28203
Rohman, A. (2018). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA POKOK BAHASAN EXPLANATION TEXT. 4(2), 241–250.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Setia Hari, B. F., & Ratmanida. (2019). ENHANCING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ SPEAKING ABILITY THROUGH PROBLEM BASED LEARNING STRATEGY. International Journal of English Language Teaching, 8(1), 1–20. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMK PROBLEM BASED LEARNING IN THE 2013 CURICULLUM. 6(3), 260–271. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv%0APEMBELAJARAN
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Szabó, Z., Harangi, M., Nylander, E., Theodorsson, A., & Davidson, B. (2014). Problem-based learning (PBL): tutor perception of group work and learning. MedEdPublish, 2007, 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15694/mep.2014.003.0046