The Effect of Animation Videos to Improve Students’ Reading Ability at Narrative Text

Main Article Content

Shela Arum Viana
Yuvita Yuvita
Anin Eka Sulistyawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca siswa pada teks naratif antara siswa yang diajar dengan menggunakan video animasi dan mereka yang tidak dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh video animasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan true-experimental post-test only design. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas VIII SMP N 2 Dukuhwaru tahun pelajaran 2022/2023. Untuk mengetahui hasilnya, peneliti menggunakan post-test dan kuesioner. Hasil post-test adalah 75,33 sebagai rata-rata kelompok eksperimen dan 63,00 sebagai rata-rata kelompok kontrol. Peneliti menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan yang signifikan. Hasil independent sample t test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,000<0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam penggunaan video animasi terhadap kemampuan membaca siswa pada teks narrative. Selanjutnya, berdasarkan instrumen kuesioner, terdapat 90% dari total siswa yang lebih tertarik mempelajari teks naratif dengan menonton video animasi. Dari tanggapan siswa, video animasi membantu mereka untuk memahami lebih baik tentang cerita naratif.

Article Details

Section
Articles

References

Abarca, R. M. (2021). Teaching With Digital Video. In Nuevos sistemas de comunicación e información.
Bamford, J., & Day, R. R. (1998). Teaching Reading. Annual Review of Applied Linguistics, 18, 124–141.
https://doi.org/10.1017/s0267190500003512 Brown, J., Lewis, R. B, and H. (1977). AV Instruction Technology, Media, and Methods.
Creswell, J. W. (2014). Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE Publications.
Hogue, A. O. and A. (2007). Introduction to academic writing : answer key. https://edisclipnas.usp.br/pluginefile.php/39 28474/mod_resource/content/1/Introduction to Academic Writing.pdf
Martin, F., & Betrus, A. K. K. (2019). Digital media for learning: Theories, processes, and solutions. In Digital Media for Learning: Theories, Processes, and Solutions. https://doi.org/10.1007/978-3- 030-33120-7
Schnotz, & Lowe. (2014). Animation principles in multimedia learning. Urquhart, A. H., & Weir, C. J. (1998). Reading in a Second Language: Process, Product and Practice. Longman.