The Effect of Using Digital Comic Book on Students’ Reading Comprehenion Achievement in Narratie Text
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Buku Komik Digital terhadap hasil belajar pemahaman membaca siswa dalam teks naratif. Buku Komik Digital adalah salah satu teknik pembelajaran yang baik untuk mencapai pemahaman membaca siswa terutama dalam teks naratif. Penulis menghitung untuk menggali data di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimental. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil dua kelas dari delapan kelas. Masing-masing terdiri dari 32 siswa. Peneliti menggunakan tes membaca sebagai instrumen penelitian. Bentuk tes berisi 25 nomor pilihan ganda yang itemnya memiliki empat pilihan A B C D. Kelompok kontrol adalah 8 E dengan menggunakan metode klasik dan 8 H dengan menggunakan metode Digital Comic Book. dalam mengajar pencapaian pemahaman membaca dalam teks naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor kelompok kontrol adalah 67,5 dan rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 82,5. Untuk nilai standar deviasi kelompok kontrol adalah 1,248 dan nilai standar deviasi kelompok eksperimen adalah 1,691. Kemudian untuk varian kombinasi perhitungan skor dua kelompok antara kelompok kontrol dan eksperimen adalah 3,82. Kemudian untuk nilai uji-t antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah 8,688. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Digital Comic Book berpengaruh positif terhadap pencapaian pemahaman membaca siswa dalam teks naratif. Disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk lebih banyak melatih siswa dalam membaca teks naratif dengan menggunakan Buku Komik Digital untuk mencapai pencapaian pemahaman bacaan.
Article Details
References
Arikunto, S. (2018). Pendekatan Penelitian.
Banaszewski, T. M. (2015). Digital storytelling: supporting digital literacy in grades 4-12 (Doctoral dissertation, Georgia Institute of Technology).
Borsboom, D., Mellenbergh, G. J., & Van Heerden, J. (2014). The concept of validity. Psychological review, 111(4), 1061.
Gatta, O. (2014). “Review of Teaching Comics and Graphic Naratives: Essay o Theory Strategy and Prctice. “ Image Text: Interdisciplinary Comic Stuides 7 (3): 1-4
Institute of Digital Media and Child Development Working Group on Games for Health, Baranowski, T., Blumberg, F., Buday, R., DeSmet, A., Fiellin, L. E., ... & Young, K. (2016). Games for health for children—Current status and needed research. Games for health journal, 5(1), 1-12.
Issa, S. (2018). Comics in the English classroom: a guide to teaching comics across English studies. Journal of Graphic Novels and Comics, 9(4), 310-328.
Jacobs, D. (2016). More than words: Comics as a means of teaching multiple literacies. English Journal, 19-25.
Kelly, N. J. (2016). Dynamic models for dynamic theories: The ins and outs of lagged dependent variables. Political analysis, 14(2), 186-205.
Kirchoff, J. (2017). Using Digital Comics to Develop Digital Literacy: Fostering Functionally, Critically, and Rhetorically Literate Students. Texas Journal of Literacy Education, 5(2), 117-129.
Landi, N. And Oakhill, J. 2015. “The acquisition of reading comprehension skill”. In the science of reading: A handbook, Edited by: Snowling, M.J. and Hlme, C.227-247. Oxford, UK: Blackwell
LEBER—COOK, A. L. I. C. E., & COOK, R. (2013). and Metaphor. Graphic Novels and Comics in the Classroom: Essays on the Educational Power of Sequential Art, 23.
Liu, J. (2015). Effects of comic strips on L2 learners' reading comprehension. TESOL quarterly, 38(2), 225-243.
Muzumdar. 2016. An overview of Comic Books as an Edcational Educational Tool and Implication for Pharmacy. St. John’s University. Vol 7. No 4.
Rangkuti, Rafiqa, R. Mursid, and Sriadhi Sriadhi. "The Development of Mobile Learning-Based Digital Learning Comic in English Subject of Class VIII of SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam." Proceedings of the 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2022, 20 September 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia. 2022.
Ranker, J. (2017). Using comic books as read?alouds: Insights on reading instruction from an English as a second language classroom. The Reading Teacher, 61(4), 296-305.
ROKHAYANI, Atik; UTARI, Aisyah Ririn Perwikasih (2014). The use of comic strips as an English teaching media for junior high school students. Language Circle: Journal of Language and Literature, 2014, 8.2.
Saleh, S. A. M., Suandi, S. A., & Ibrahim, H. (2015). Recent survey on crowd density estimation and counting for visual surveillance. Engineering Applications of Artificial Intelligence, 41, 103-114.
Saud, M., & Margono, H. (2021). Indonesia’s rise in digital democracy and youth’s political participation. Journal of Information Technology & Politics, 18(4), 443-454.
Sijtisma, K. (2018). Realibility beyond theory and into practice Psychometrika, 74 (1), 169-173
Sudjana, Nana. 2015. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah: Makalah-Skripsi-Tesis-Disertasi: Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sun, L. (2017). Critical Encounters in a Middle School English Language Arts Classroom: Using Graphic Novels to Teach Critical Thinking & Reading for Peace Education. Multicultural Education, 25(1), 22-28.
Thompson, R. (2020). English language and multimodal narrative. In The Routledge Handbook of English Language and Digital Humanities (pp456-471). Routleg
Tsai (2014). A combined computational/experimental study on LiNi1/3Co1/3Mn1/3O2. Chemistry of Materials, 15(19), 3676-3682.
Weaver, N. (2020, May). Towards a theory of sustainable product service systems—what are the dependent and independent variables of S-PSS. In Proceedings of the INSEADCMER research workshop “Sustainable product service systems