The Effect of Using Quizlet Application to Improve Students’ Ability in Learning Vocabulary
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan aplikasi Quizlet dan yang tidak diajar dengan aplikasi Quizlet, serta untuk mengetahui persepsi siswa setelah menggunakan aplikasi Quizlet terhadap meningkatkan pembelajaran kosa kata bahasa Inggris. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan true eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2022/2023 yang dilakukan dengan random sampling dan melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri dari 28 siswa. Dua jenis instrumen menggunakan tes kosa kata dan kuesioner. Hasil uji t ditemukan perbedaan yang signifikan antara posttest kelompok eksperimen sebesar 69,46 mengungguli kelompok kontrol sebesar 58,04 dan diketahui bahwa Sig. (2-tailed) adalah 0,000 artinya < 0,05 dan juga hasil angket tiap item mayoritas siswa setelah menggunakan Quizlet 87% menyatakan positif (menyatakan 46% Setuju (S) dan 41% Sangat Setuju (ST)).
Article Details
References
Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 41. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.967
Davie, N., & Hilber, T. (2015). Mobile-assisted language learning: Student attitudes to using smartphones to learn English vocabulary. Proceedings of the 11th International Conference on Mobile Learning 2015, ML 2015, 70–78.
Harmer, J. (2001). The Practice of English Language Teaching (Fourth). https://doi.org/10.1080/03626784.1987.11075294
Miangah, T. M. (2012). Mobile-Assisted Language Learning. International Journal of Distributed and Parallel Systems, 3(1), 309–319. https://doi.org/10.5121/ijdps.2012.3126
Rohmah, H., & Lilawati, E. (2019). Collaboration of Clustering Technique and Picture in Teaching Vocabulary. Eduvelop, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.31605/eduvelop.v3i1.394
Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sweller, J. (2009). Cognitive bases of human creativity. Educational Psychology Review, 21(1), 11–19. https://doi.org/10.1007/s10648-008-9091-6
Valarmathi, K. E. (2011). Mobile Assisted Language Learning. Journal of of Technology for ELT, 1(2).