Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2023/2024
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 3 Taman Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi dan wawancara, dan menggunakan deskriptif kuantitatif. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan program Anates v4 dan dibantu program Excel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 30 butir soal pilihan ganda terdapat hasil sebagai berikut: (1) Ditinjau dari validitas isi menunjukkan validitas yang baik sedangkan untuk validitas item menunjukkan 24 butir soal (80%) dinyatakan valid dan 6 butir soal (20%) dinyatakan tidak valid. (2) Ditinjau dari reliabilitasnya, termasuk dalam kategori sedang yaitu 0,53. (3) Ditinjau dari segi tingkat kesukaran didapatkan 13 butir soal (43%) berkategori sukar, 13 butir soal (43%) berkategori sedang, 2 butir soal (7%) memiliki kategori muudah, dan soal yang termasuk kategori sangat mudah ada 2 soal (7%). (4) Ditinjau dari kategori daya pembeda terdapat 11 soal (37%) memiliki daya pembeda jelek, 12 soal (40%) memiliki daya pembeda cukup, 6 soal (20%) memiliki daya pembeda baik, 0 soal (0%) memiliki daya beda baik sekali dan 1 soal (3%) memiliki daya pembeda negatif atau sangat buruk. (5) Ditinjau dari segi efektivitas pengecoh sebanyak 18 butir soal (60%) masuk dalam kategori sangat baik, 4 butir soal (13%) dalam kategori baik, 8 butir soal (27%) termasuk kategori kurang baik.
Article Details
References
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bakir, R. Suyoto. 2009. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Tangerang : Karisma
Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
B, Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dimayati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka cipta
Kusnadi. 2010. Buku Saku Biologi, (Online), 1, (file.upi.edu/, diakses 9 Oktober 2017)
Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data sekunder. Jakarta: Rajawali Pers
Usman Husaini & Setiady Purnomo. 1995. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara
Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Purwanto, Ngalim. 2000. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. NO. 66 Tahun 2013, Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sugiono. 2008. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: AlfabetaDitulis di belakang Simpulan dan Saran, dengan mengikuti gaya selingkung seperti contoh di bawah. Ditulis dalam spasi tunggal (atau at least 12pt), antardaftar pustaka diberi jarak 1 spasi. Sebagian contoh cara penulisan referensi/acuan di dalam Daftar Pustaka,diberikan berikut.