Respon Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Matematika pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SMP Negeri 1 Adiwerna (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2021/2022)
Main Article Content
Abstract
Dari penelitian yang telah dilaksanakan terdapat perbedaan antara hasil angket respon dan wawancara dimana banyak sedikitnya kesetujuan dilaksanakannya pembelajaran matematika pada saat pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana respon peserta didik di SMP Negeri 1 Adiwerna terhadap pembelajaran matematika pada pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini menggunakan aspek respon untuk memperoleh data respon peserta didik. Dimana aspek tersebut terbagi antara tanggapan dan reaksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Adiwerna. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket respon dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian sesuai dengan angket respon peserta didik jika dilihat dari item pertanyaan yang terdapat pada angket respon banyak peserta didik menjawab dengan ketidak setujuan pembelajaran matematika pada saat pembelajaran tatap muka terbatas di karenakan peserta didik tidak dapat memahami materi pembelajaran dan juga sulit untuk mengikuti pembelajaran karena terhalang dengan sinyal atau hal lainnya. Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika pada pembelajaran tatap muka terbatas yang diperoleh memiliki prosentase 20% dengan kategori tidak positif. Hasil wawancara peserta didik tidak setuju dikarenakan fasilitas pembelajaran matematika pada pembelajaran tatap muka terbatas tidak memadai dan juga pemahaman meteri pelajaran serta komunikasi peserta didik menjadi terhambat. Peserta didik yang setuju dikarenakan memang peserta didik tersebut dapat fokus dengan keadaan pada saat itu dan juga peserta didik yang tidak terlalu menyukai pembelajaran matematika.
Article Details
References
Andini, N. A., Dewi, S. E. K., & Supangat, S. (2021). Implementasi Menejemen Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Nusantara?: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), Art. 5. Https://Doi.Org/10.31604/Jips.V8i5.2021.1013-1019
Angkatan 2019, M. T. M. (2020). Catatan Dasar Pembelajaran Matematika. Pekalongan. Penerbit Feding Nemo.
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea?: Journal Of Natural Science Teaching, 2(2), Art. 2. Https://Doi.Org/10.21043/Thabiea.V2i2.5950
Dwi. W,Eleonora.Sina,Ibnu, H., Rizqi Lia. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Peoblem Posing Tipe Pre Solition Posing Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Progdi Pendidikan Matematika, 2, 119–124.
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Lombok Timur. Hamzanwadi Press.
Faryanti, H., Panjaitan, R. G. P., & Yokhebed. (2016). Respon Siswa Terhadap Film Animasi Zat Aditif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3), Art. 3.
Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/14225
Hakki, A. S. R. Dan N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Sleman - Yogyakarta. Deepublish.
Herdiawanto, D. H. H., S. Pd. ,M. Si, & Hamdayama, J. H., S. Pd. ,M. Si. (2021). Dasar-Dasar Penelitian Sosial. Jakarta. Prenada Media.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), Art. 1. Https://Doi.Org/10.23887/Jpk.V4i1.24981
Kurniawati, E. (2011). Respons Siswa Mtsn 1 Jakarta Terhadap Pemanfaatan Situs Www. Al-Sofwah .Or.Id. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/2886
Limbong, O. P., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Smk Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 37–45. Https://Doi.Org/10.33541/Jmp.V10i1.3265
Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., Sipayung, P. D., Sesilia, A. P., Rahayu, P. P., Purba, B., Chaerul, M., Yuniwati, I., Siagian, V., & Rantung, G. A. J. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Yayasan Kita Menulis.
Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Smk Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), Art. 2. Https://Doi.Org/10.33541/Jmp.V10i2.3274
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi ,R&D Dan Pendidikan) (2019 Ed.). Bandung. Ikapi.
Sutiah, D. S. (2020). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Sidoarjo. Nlc.
Wahab, D. G. Wahab, M., & Rosnawati, R., S. Pd ,. M. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Indramayu - Jawa Barat. Penerbit Adab.