Desain LKPD Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Matematisasi Peserta Didik Kelas VIII
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tahapan dalam mengembangkan LKPD pada materi statistika untuk meningkatkan kemampuan proses matematisasi peserta didik kelas VIII. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Tegal. Objek penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Prosedur pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap desain. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik Penyajian hasil analisis data yang diperoleh disajikan dalam bentuk teks secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah desain produk LKPD materi statistika untuk meningkatkan kemampuan proses matematisasi peserta didik kelas VIII.
Rincian Artikel
Referensi
Fuad, N. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kesalahan Pada Proses Matematisasi Horizontal dan Vertikal Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 6).
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Model In Islamic Education Learning.
Khaerudin, Setiawan, F., & Yuliani, A. (2022). Manajemen Kurikulum Di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Pendidikan Dan Sains, 2, 123– 135.
Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. XI (2), 233–243.
Putra, Y. Y., & Vebrian, R. (2020). Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Deepublish.
Rengganis, P. (2018). Efektifitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Materi Statistika Pada Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan Tambusai, 2, 1838–1844.
Rupaidah, A., & Danaryanti, A. (2013). Pengembangan LKS Dengan Pendekatan Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Vol. 1, Issue 1).