Pengaruh Bimbingan Belajar Berpendekatan Behavioristik Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Ki Gede Sebayu Balapulang Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021(Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VIII A)

Main Article Content

Arief Kurniawan
Sukoco KW
Suriswo Suriswo

Abstract

Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, catatan anekdot, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan bimbingan pribadi diperoleh rata-rata 74,33% pada siklus 1. Sedangkan pada siklus 2 diperoleh rata-rata 81,11%. Berdasarkan analisis deskriptif, hasil penelitian diperoleh tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator prestasi belajar pada siklus 1 mencapai 64,00% dapat ditingkatkan menjadi 84,00% pada siklus 2, tingkat prestasi belajar pada siklus 1 diperoleh peserta didik tuntas 21 peserta didik (70,00%) dapat ditingkatkan pada siklus 2 yaitu tingkat prestasi belajar peserta didik tuntas sebanyak 26 peserta didik (86,67%) melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75% sehingga layanan b dikatakan bimbingan pribadi telah berhasil dan penelitian dihentikan.

Article Details

Section
Articles

References

A.M Sardiman. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Radjawali.
Amti erman dan Prayitno. 2015. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Dede Rahmat Hidayat dan aip Badrujaman. 2012 Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Kasbolah ES, K. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang
Margono,S.2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Nahar, Novi Irwan (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. ISSN 2541-657XN usantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial) Volume 1 Desember 2016
Susilo, Herawati dan Husnul Chotimah.2009. Penelitian Tindakan Kelas.Malang: Bayumedia Publishing.
Uno, Hamzah. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Zaini, H, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insani Madani