Pendampingan Ibu Bekerja Terhadap Motivasi Belajar Anak Era Pandemi di Desa Demangharjo

Main Article Content

Tri Muahiroh
Renie Tri Herdiani
Sukoco KW

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari peran guru dalam jalannya pembelajaran yang sukses. Berubahnya proses pembelajaran dari offline ke pembelajaran online membutuhkan banyak pihak guna kelancaran proses pembelajaran. Adanya pemberlakuan pembelajaran online atau daring pendampingan orang tua merupakan hal yang penting untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pendampingan orang tua dalam proses belajar anak serta meningkatkan motivasi belajar anak selama pembelajaran daring berlangsung. Penelitian ini  menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan fokus penelitian pada ibu bekerja yang mendampingi anaknya belajar selama proses pembelajaran daring berlangsung dengan hasil penelitian yang diperoleh: peran orang tua dalam mendampingi anak belajar, orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak serta kesulitan yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar.

Article Details

Section
Articles

References

Adevita, M. W. (2021). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 5(1), 64–77
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Lailiyatul Iftitah, S., & Faridhatul Anawaty, M. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81.
Latip, A. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH?: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176
Nuratika, S., & Ridha, U. (2021). Peran Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 193–200. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i2.649.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072