Penanganan Emotional Burnout Pada Anak Usia 7-9 Tahun Akibat Pandemi Covid-19 Melalui Konseling Individu Siscohe

Main Article Content

Theofily Natasha Hadi
Sitti Hartinah
Mulyani Mulyani

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 dalam kurun waktu yang lama berdampak pada proses tumbuh kembang anak, khususnya dalam bidang emosi. Kondisi sosial dan pendidikan yang tidak menentu membuat mereka mengalami emotional burnout. Permasalahan ini belum memiliki solusi penanganan yang tepat, sehingga peneliti menghadirkan solusi melalui Konseling Individu Berbasis Coloring Healing pada Anak Usia 7-9 tahun di wilayah RT02 RW 16 Desa Mejasem Barat, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi emotional burnout sebelum dilakukannya layanan konseling, memahami proses penanganan emotional burnout melalui layanan konseling individu berbasis coloring healing, serta mengetahui hasil dari penggunaan layanan konseling yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan layanan koseling individu berbasis coloring healing dapat mengurangi tingkat gangguan emotional burnout yang dialami oleh ketujuh subjek penelitian dengan beberapa perubahan seperti perilaku yang semakin adaptif, meningkanya kemampuan sosial, terbangunnya kontrol diri, kontrol emosi dan resileinsi.

Article Details

Section
Articles

References

Rizaty, Monavia Ayu. 2021, Juli 22. Tugas Menumpuk Jadi Kesulitan Terbesar Siswa saat Belajar Jarak Jauh. Katadata Indonesia. Dapat diakses melalui : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/22/tugas-menumpuk-jadi-kesulitan-terbesar-siswa-saat-belajar-jarak-jauh
Hidayat, Reja. (2020, September 10). Stres, Burnout, Jenuh : Problem Siswa Belajar Daring selama COVID-19. Tirto Indonesia ( PT.Tirta Adi Surya). Dapat diakses melalui : https://tirto.id/stres-burnout-jenuh-problem-siswa-belajar-daring-selama-covid-19-f3ZZ
Jati, Lintang T. S. & Woro, Sumarni. (2020, Februari 25) Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pekembangan Anak Sekolah Dasar. Di dalam : Ghanis Putra W. S.Pd, M.Pd. & Suminar S.Pd, editor. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Vol.3, No.1, hlm. 781. Dapat diakses melalui : https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/667
Hasnida & Amalia Meutia. 2017. The Effectiveness Mandala Therapy On Coping Stress. Atlantis Press : Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 136, issue 2, page 288-290. Recived at : http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Multiwasekwa, Sarah-Len. 2019 Agustus 13. How to Deal with Emoional Burnout. Psychology Today. Diakses pada tanggal 14 November 2021 pukul 16.37 WIB dari : https://www.psychologytoday.cmus/blog/the-pside-things/201908/how-deal-emotional-burnout
Santi, Josie. “Emotional Burnout Is Real : Here’s How to Heal”. The Everygirl. 2020 Jui 23. Diakses pada 14 November 2021 pukul 16.41 WIB dari : https://theeverygirl.com/emotional-burnout/
Fesun, Halyna, 2019. Relationship between the Syndrome of Emotional Burnout and Characterological Qualities of a Person, Comparative Aspect. Department of Practical Psychology at Yuriy Fedkovych Chernivtsi National University, Chernivtsi, Ukraine. Volume 11, Issue 1, pages: 57-72. DOI : https://doi.org/10.18662/rrem/96
Sholihah, Isna Ni’matus. 2017. Kajian teoritis penggunaan art therapy dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK. Proceedings International Conference, halaman 173-182 ASEAN School Counselor Conference on Innovation and Creativity in Counseling Promoting Equity through Guidance and Counseling
Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2667