Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan Culturally Responsive Teaching penggunaan media pembelajaran Game Kahoot pada pembelajaran bahasa Indonesia Teks Tanggapan K.D Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca. Penguatan budaya yang dilakukan pada penelitian ini adalah budaya Jawa Banyumasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Penelitian dilakukan di kelas IX SMPN 10 Tegal. Penggunaan media game kahoot telah terbukti efektif dalam menjaga motivasi dan minat belajar peserta didik. Penggunaan game kahoot juga telah membantu pendidik memadukan materi dan penguatan budaya Jawa Banyumasan kepada peserta didik rangka untuk penguatan budaya lokal guna tidak hanya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam aspek pengetahuan,  tetapi  juga  memiliki  kemampuan menjadi agen perubahan, berkarakter, dan berbudaya dalam menghadapi tantangan masa depan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Alghafri, S. R. da. H. N. (2014). The Effects of Integrating Creative and Critical Thinkingon Schools Students’ Thinking. International Journal of Social Science and Humanity, 4(6, Hal), 518–525
- Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Ataha, U. C., & Ogumogu, A. E. (2013). An Investigation Of The Scientific Attitude Among Science Students In Senior Secondary Schools In Edo South Senatorial District, Edo State. Journal of Education and Practice, 4(11)
- Darmawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi di SMAN-1 Muncar. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2)
- Fani Yantik, Suttrisno, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420–3427. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624
- Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
- Gay, G. 2010. Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). NewYork,NY: Teachers College.
- Iaremenko, N. V. 2017. Enhancing English Language Learners’ Motivation Through Online Games. Information Technologies and Learning Tools, 59(3).
- Ilmiyah, N. H. & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1).
- Khoiri, A., & Sunarno, W. (2018). Pendekatan Etnosains Dalam Tinjauan Filsafat. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(2), 145–153. https://doi.org/10.32699/spektra.v4i2.55
- Lin, M. H., Chen, H. C. & Liu, K. S. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematic Science and Technology Education, 13(7).
- Mubah, A. S. (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Airlangga, 24, 302–308.
- Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., Syarah, S., Ibrahim, I., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan Literasi Sains dan Identitas Budaya Siswa Melalui Pendekatan Etno-Pedagogi Dalam Pembelajaran Sains. EDUSAINS, 12(1), 54–63. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12428
- Saenkhot, A. & Boonmoh, A. (2019). Factors Affecting Teachers’ Use of Technologies as Teaching Aids in Thai EFL Classrooms. Journal of Liberal Arts, Prince of Songkla University, 11(1).
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknolog Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2 No. 1.
- Suryono, H. (2008). Konfigurasi Identitas Nasional, Nasionalisme dalam Era Globalisasi Suatu Harapan dan Tantangan. In Miips, 7(2).
- Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan