Analisis Ketersediaan Bahan Ajar Teks Fabel Serta Pemanfaatannya dalam Mendesain Bahan Ajar Teks Fabel di SMP
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain bahan ajar teks fabel dan mendeskripsikan hasil implementasi bahan ajar teks fabel tersebut pada siswa kelas VII SMP. Penyediaan bahan ajar teks fabel harus mencukupi kebutuhan peserta didik dalam belajar sehingga dapat menambah wawasannya. Bahan ajar yang memadai dapat membantu mewujudkan tujuan pembelajaran agar tercapai dengan baik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik yang bertujuan agar data yang diperoleh berdasarkan penelitian dan implementasi bahan ajar teks fabel dapat diuraikan dan dianalisis secara mendalam. Kelayakan subbab buku teks fabel untuk siswa kelas VII SMP, terlihat dari hasil angket validasi dosen ahli, guru, dan hasil angket tanggapan siswa mendapatkan hasil 95,75%, 96,65%, dan 92,75%. Semua presentase tersebut menunjukkan kriteria kelayakan subbab buku teks fabel kelas VII SMP sangat valid. Artinya, subbab buku teks fabel kelas VII SMP layak digunakan.
Article Details
References
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Nurgiantoro, B. (2016). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Nur Riris. 2010. Hubungan Lingkungan dan perilaku dengan kejadian skabies di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Skripsi. Surakarta. UMS
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Sudjana, dan Nana Ibrahim. (2014). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Algesindo.
Sugiarto, E. (2015). Mengenal Sastra Lama. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Suprihatin. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel yang Bermuatan Kisah Teladan Upaya Menumbuhkan Karakter Dengan Pendekatan Saintifik Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP.