Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Keterampilan Berbicara Pada Teks Tanggapan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian yang berjudul “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Keterampilan Berbicara Teks Tanggapan” adalah mendeskripsikan, mengenal, dan memahami lebih rinci tentang Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Perspektif Keterampilan Berbicara Teks Tanggapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur bertujuan mendeskripsikam secara rinci tentang literasi dasar, bagaimana pelaksanaan di lapangan, strategi dan media yang cocok untuk pengembangan kegiatan literasi untuk menulis laporan kemajuan belajar yang berisi pengalaman belajar. Jenis literature review yang digunakan dalam penelitian ini yakni semantic review, karena model penelitian literature review lebih cocok untuk ilmu sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan Profil pelajar pancasila teks tanggapan dapat dijadikan sebagai sarana implementasi enam profil pelajar pancasila pada tiga jenis penilaian yakni penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Rincian Artikel
Referensi
Danial, E., & Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Eni, S., Saleh, S & Suyitno.(2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Belajar.Jurnal Teknodik,25(2) Hal: 155-15.