Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Keterampilan Berbicara Pada Teks Tanggapan

Isi Artikel Utama

Riris Afifa
Leli Triana

Abstrak

Tujuan dari penelitian yang berjudul “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Keterampilan Berbicara Teks Tanggapan” adalah mendeskripsikan, mengenal, dan memahami lebih rinci tentang  Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Perspektif Keterampilan Berbicara Teks Tanggapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur bertujuan mendeskripsikam secara rinci tentang literasi dasar, bagaimana pelaksanaan di lapangan, strategi dan media yang cocok untuk pengembangan kegiatan literasi untuk menulis laporan kemajuan belajar yang berisi pengalaman belajar. Jenis literature review yang digunakan dalam penelitian ini yakni semantic review, karena  model penelitian literature review lebih cocok untuk ilmu sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan Profil pelajar pancasila teks  tanggapan  dapat  dijadikan  sebagai  sarana implementasi enam profil pelajar pancasila pada tiga jenis penilaian yakni penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Creswell, J. W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (cetakan kesatu). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Danial, E., & Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Eni, S., Saleh, S & Suyitno.(2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Belajar.Jurnal Teknodik,25(2) Hal: 155-15.