Implementasi Metode Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Cmap Tools Terhadap Creative Thinking Skill Peserta Didik

Main Article Content

Rani Riandini
Yuni Arfiani
Mobinta Kusuma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran peta konsep berbantuan Cmap Tools terhadap Creative Thinking Skill peserta didik dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan metode pembelajaran peta konsep berbantuan Cmap Tools. Jenis penelitian ini adalah True Experiment dengan pendekatan kuantitatif dan desain Posttest Only Control Group Design. Pengujian pengaruh metode pembelajaran peta konsep berbantuan Cmap Tools terhadap Creative Thinking Skill dilakukan dengan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh uji t pada taraf signifikan 5% (0,05). Dengan hasil sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00, maka dinyatakan Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran peta konsep berbantuan Cmap Tools terhadap Creative Thinking Skill peserta didik. Sementara itu peserta didik merespon positif terhadap penggunaan metode pembelajaran peta konsep berbantuan Cmap Tools.

Article Details

Section
Articles

References

Apriliani, Hutami. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2(7).
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Daryanto, dan Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta. Gava Media.
Fatkhurrohman, M. (2016). Efektifitas Pembelajaran IPA dengan Model Integrasi Pembelajaran Kooperatif STAD dan Peta Konsep. Pancasakti Science Education Journal. 1 (1), 60-67.
Iskandar, Ali. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat STAIN Palang Karaya. 7(1).
John C. Nesbit and Olusola O. Adesope. (2006). Learning With Concept and Knowledge Maps: A Meta-Analysis Kusuma, M. 2016. Pengembangan Perangkat Penilaian Peta Konsep untuk mengevaluasi Proses Berpikir Pada Topik Animalia. Pancasakti Science Education Journal. 1 (1). 23-34
Nugroho, Ikhsanul Ardi. (2014). Pengembangan Perangkat Perkuliahan Berbantukan Paduan Cmap Tools dengan Learning Cycle Guna dalam Rangka Subject Ability Bagi Calon Guru dalam Rangka Menyongsong Perubahan Kurikulum. Dinamika Pendidikan. Nomor 01
Rahayuningsih, R, Masykuri, M, Utami, B. (2012). Disertai Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kertasura. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(1).
RUIZ-PRIMO, M.A. (2004). Examining concept maps as an assessment tool.
In A. J. Canas, J.D. Novak & F.M. Gonzales (Eds.), Concept maps: Theory, Methodology, Technology, proceeding of the 1st international conference on concept mapping. Pamplona, Spain: Universidad Publica de Navvarra.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Yunita, T, Susongko, P, Utami, Budi W. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. 2 (2), 75-81