Problem Based Learning Berbasis Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains

Main Article Content

Nanik Mariyati
Muriani Nur Hayati
Yuni Arfiani

Abstract




Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Sumber data penelitian itu adalah nilai ulangan IPA materi sistem peredaran darah manusia dan hasil pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat, guru. Subyek penelitian ini adalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Petarukan Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 12 siswa putra dan 18 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penggunaan metode problem based learning berbasis group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 4 Petarukan tahun pelajaran 2021/2022 dari 74,53 hasil siklus I menjadi 81,00 pada siklus II; 2) Penggunaan metode problem based learning berbasis group investigation dapat meningkatkan keterampilan proses sains IPA pada peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 4 Petarukan tahun pelajaran 2021/2022 dari kondisi awal dalam kategori rendah ke kondisi akhir dalam kategori tinggi.




Article Details

Section
Articles

References

Agustini, NK Ayulina dan NW Rati. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Volume 4 Nomor 2 2021.
Amir, Taufiq. 2018. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendi- dik Memberdayakan Pemelajar di Era Pe-ngetahuan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arends 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivitis, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Arikunto, Suharsimi, 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahtiar. 2015. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Multietnis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol .3 No.1 Tahun 2015.
Bundu, Patta. 2016. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Peserta didik. Jakarta : Depdiknas.
245
Dahlina, Penti. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran GI-PBL Untuk Mening-katkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Materi Plantae. Lampung: UIN Raden Intan.
Delita, Riza Elpia, dkk. 2020. Pengaruh Model Problem Solving terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Ekskresi Kelas VIII SMPN 34 Padang. Jurnal Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang Volume 5, Nomor 1, April 2020.
Dewi, Putu Widya Puspita. 2021. Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies Volume 4, Number 2, 2021.
Dimyati dan Mudjiono, 2019. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : PT
Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Elfanany, Burhan. 2011. Strategi Jitu Meningkatkan Skor Tes IQ Anak Prasekolah (PAUD & TK). Jakarta: Republika Penerbit.
Fitriana, L. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ”Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran” pada tanggal 3 Desember 2011 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Glazer. 2011. Problem Based Instruction. In M. Orey (ED), Emerging Perspective on learning, teching, and technology.
Hadi, Sutrisno. 2013. Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset
Hamalik, Oemar. 2011. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:
Bumi Aksara. Jakarta.
Hartini, Ema Mega, dkk. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Hidrolisis Garam. JCAE, Journal of Chemistry And Education, Vol. 1, No.1, 2017.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Ibrahim, M. 2015. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.
246

Ka’u, Hildegardis. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Watutura Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:Rajawali Press.
Mahardika, Adhitya Try. 2016. “Peningkatan Pemahaman Konseptual dan Prose-dural Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Group Investigation (GI). Surakarta: Universitas Muham-madiyah Surakarta.
Mulyadi, 2010. Evaluasi Pendidikan Pengem-bangan Model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah, UIN-Maliki Press.
Mulyatiningsih, Endang.2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.
Muslich, Masnur. 2019. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pratimi, Azmi Zakiyya. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Volume 6, No. 2, September 2019 (164-174).
Purwanto, Ngalim. 2017. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ________________. 2018. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi, Bandung: Remaja Rosdakarya. Rezba et al.. 2007. Science Process Skills.United, States: Kendall/Hunt Publishing Company. Ridwan, Abdul Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2012. Metode Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenaga Media.
Slameto. 2011. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slavin, Robert E. 2018. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.
Sellavia, Pina, Nyoman Rohadi dan Desy Hanisa Putri. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMAN 10 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika Volume 1 Nomor 3 (2018).
247

Sudarta, Gusti Komang. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VI. Journal of Education Action Research Volume 6, Number 2, Tahun 2022.
Sudewi, N. L., Subagia, I. W., dan Tika, I. N. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksono-mi Bloom. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 4 Tahun 2014.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Sugiyanto, 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka. Suryosubroto. 2019. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Umah, Wahdatul Siti, dkk. 2020. Model Group Investigation Berbantuan Media Diorama Peristiwa untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume 3, Nomor 2, 89–100, 2020.
Wati, Yuyun Indah. 2018. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran IPA Kelas 4 MI Nurur Rohmah Tentang Energi Panas. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Yusuf, Syamsu dan Ahmad Juntika Nurihsan. 2012. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.