Main Article Content

Abstract




Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan kolaborasi dan perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan model Discovery learning berbantuan media Lusa dan kelas pembelajaran model Discovery learning tanpa media Lusa, serta respon peserta didik pada media Lusa dibandingkan dengan buku cetak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan quasi experimental design. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group. Populasinya yaitu peserta didik kelas VII di salah satu SMP Kabupaten Tegal tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII E sebagai kelompok Eksperimen dan kelas VII F sebagai kelompok Kontrol. Pengumpulan data meliputi lembar validasi, tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji skala likert dan Uji t-Test. Hasil penelitian ini meliputi (1) terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi peserta didik antara kelas yang menggunakan model Discovery learning berbantuan media Lusa sebesar 65,475 (Kolaboratif) dan kelas pembelajaran model Discovery learning tanpa media Lusa sebesar 45,055 (Cukup kolaboratif). (2) ada perbedaan hasil belajar peserta didik dibuktikan hasil analisi uji t-Test yaitu nilai sig (2-tailed) sebesar 0,018 dimana lebih kecil dari0,05. (3) respon terhadap media Lusa pada peserta didik kelas yang menggunakan media Lusa lebih tinggi yaitu sebesar 88% dengan kategori sangat baik.




Keywords

Media Ludo Sains (Lusa) Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik

Article Details

References

  1. Balqist, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7.
  2. Fonte, M. A. Da, & Barton-arwood, S. M. (2017). Collaboration of General and Special Education Teachers : Perspectives and Strategies. Journals Permissions, 4. https://doi.org/10.1177/1053451217693370
  3. Hana, N. P., & Sari, I. M. (2012). Implementasi Permainan Monopolo Fisika Sebagai Media Kemampuan Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Mengetahui Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pengajaran MIPA, 17.
  4. Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & ... (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah
  5. 198
  6. Dasar. Mimbar PGSD ..., 7.
  7. Lathifah, M. F. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
  8. TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK ABAD KE 21.
  9. Ilmiah Profesi Pendidikan, 5.
  10. Mukhtarom, Nizarudin, S. (2016). Pengembangan Permainan Teka Teki Silang dalam
  11. Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal Phytagoras, 5, 25–33.
  12. Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran
  13. Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13.
  14. Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
  15. Kencana.
  16. SEPTIKASARI, R., & FRASANDY, R. N. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21
  17. DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Tarbiyah Al-Awlad, 8.
  18. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21 st Century Skills Learning For Life In Our Times. Jossey
  19. Bass Wiley.
  20. Ulhusna, M., & Diana, S. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan
  21. Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elemntary
  22. Education, 4.
  23. Yanida, F. (2019). Efektivitas Media Permainan Ludo Berbasis Chemo Edutaiment Untuk
  24. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMAN 5 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. LPMM UMSB, 12.