Main Article Content

Abstract




Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board terhadap hasil belajar siswa (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board dengan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) tanpa berbantuan Bulletin Board (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board dengan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) tanpa berbantuan Bulletin Board.


Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di SMP Negeri Kecamatan Kramat tahun ajaran 2021/2022. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu uji independent sample t-test dan uji N-Gain Score.


Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t-test nilai sig yang diperoleh yaitu 0,006 < 0,05 (2) ada perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board dan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) tanpa berbantuan Bulletin Board (3) respon siswa terhadap pembelajaran antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board lebih tinggi yaitu sebesar 85% dengan kategori sangat baik dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) tanpa berbantuan Bulletin Board yaitu sebesar 76% dengan kategori baik.




Keywords

Model Student Created Case Studies Bulletin Board Berfikir Kritis

Article Details

References

  1. Anggun, D. P. & Alberida, H. 2018. Pengaruh Penggunaan Papan Buletin Dalam Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM) terhadap Kompetensi Kognitif Siswa SMA, 1(2), 34–39.
  2. Arnyana, I. B. P. 2019. Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking dan Creative Thinking) untuk Menyongsong Era Abad 21, 1(1), i-xiii.
  3. Arundhati, A., Widana, I. N. S. & Hermawan, E. 2019. Pengaruh Metode Student Created Case Studies Berbantuan Flip Chart Terhadap Tingkat Kemandirian dan Hasil Belajar Biologi. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 30-40.
  4. Awaliah, N. Y., Muflihah, M., & Usman, U. 2018. Pengaruh Model Team Assisted Individualization Dengan Media Bulletin Board Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. InProsiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, 1 (1), 58-60.
  5. Dewi, S. K., Santosa, S., & Muzayyinah. 2013. Penerapan Flip Chart Dalam Pembelajaran Aktif Student Created Case Studies untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010, 2(1), 88-98.
  6. Ennis, R.H. 1991. Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philasophy, 14(1), 5-24.
  7. Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. 2021. 21st Century Skills: TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340-4348a.
  8. Kishi, M., Yamamoto, R., Tokito, J., Sugihara, M., Kaneko, D,. dan Kodaka, S. 2017. Trends
  9. 184
  10. in Qualitative Research in the Japan Society for Educational Technology. Educ Technol Res, 40(1), 1-11.
  11. Lestari, D. A., Ariyanto, J., & Harlita. 2020. Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Problem Based Learning dan Numbered Heads Together Berbasis Student Created Case Studies, 12(1), 9–19.
  12. Muhardini, S. & Fujiaturrahman, S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik SD Berbasis Buletin Board Display untuk Membentuk Kemampuan Literasi Siswa, 1 (2), 51–63.
  13. Pratiwi, D. S. D., & Mintohari. 2018. Pengaruh Media Papan Buletin Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V SDN Pacarkeling VI Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6 (4), 587-596.
  14. Rachmantika, A. R., & Wardono, W. 2019. Peran Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan masalah, 2, 439-443.
  15. Rahayu, F. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Papan Buletin Terhadap Hasil Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV MIN Ciputat. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  16. Rahman, A., Herlina, L., Leksono, S. M., Dewi, R., & Kusumaputri, N. R. 2020. Metode Pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baros, 4(11), 113–120.
  17. Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA Yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Mdrasah Ibtidaiyah (MI), 4(1), 38-54.
  18. Susongko, P. 2017. Penilaian Hasil Belajar. Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.
  19. Tafonao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
  20. Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan, 2 (2), 1-17.