Main Article Content

Abstract




Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains peserta didik, mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dengan Software Prezy terhadap peningkatan Literasi Sains, mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran Problem Based Learning dengan Software Prezy terhadap peningkatan literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi sains pada setiap aspek kompetensi. Pada indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah rata-rata skor sebesar 70,0 pada indikator mengevaluasi dan merancang pertanyaan rata-rata skor sebesar 72,0 pada indikator Fenomena Ilmiah rata-rata skor sebesar 79,0 dan Hasil nilai N-Gain sebesar 47,9195 atau 48,0 %.




Keywords

Problem Based Learning (PBL) Literasi Sains Software Prezy

Article Details

References

  1. Anggareni, N. W., Ristiati, N. P. and Widiyanti, N. L. P. M. (2013) ‘Pemahaman Konsep IPA’, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
  2. Amin, M. S., Permanasari, A., & Setiabudi, A. (2019). The pattern of environmental education practice at schools and its impact to the level of environmental literacy of school-age student The pattern of environmental education practice at schools and its impact to the level of environmental literacy of scho. The International Conference Research Collaboration Of Environmental Science. https://doi.org/10.1088/1755- 1315/245/1/012029
  3. Artianningsih, dkk.(2013). Penerapan Mind Mapping Dengan Media Prezi Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Partisipasi Belajar Akuntansi.Jupe UNS, Vol 2 , No 1 ,
  4. 167
  5. Hal 39 s/d 48.
  6. Casteleyn J, Mottart A & Valck M. (2012) PowerPoint vs. Prezi – The Impact Of Graphic
  7. Organizers On Learning From Presentations. Journal International
  8. Daryanto.(2014) Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Satu Nusa Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2018). Pengembangan dan Validasi
  9. Instrumen Evaluasi Literasi Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia : Kajian Hasil
  10. Penelitian Pendidikan Kimia, 5(1), 57–67.
  11. Fauziah, N., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik
  12. Melalui Pembelajaran Berbabasis Masalah Berorientasi Green Chemistry pada Materi
  13. Laju Reaksi. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 31–35
  14. Gantini, H.S. (2010). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan
  15. pembelajaran Talking Stik dengan Pembelajaran Konvensional. Skripsi pada Jurusan
  16. Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.
  17. Hidayati, F., Juliato. (2018). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah
  18. Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan. Banjarmasin 24 Maret 2018. ISBN 978-602- 6483-63-8.
  19. Juriah, & Zulfiani. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Perubahan Lingkungan dan Upaya Pelestarian. EDUSAINS, 11(1), 1–11.
  20. Kurnia, F. and Fathurohman, A. (2014) ‘Analisis bahan ajar fisika sma kelas xi di kecamatan indralaya utara berdasarkan kategori literasi sains’, 1(1), pp. 43–47.
  21. Muliastrini, N. K. E., Nyoman, D., & Gede Rasben, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 254–263.
  22. Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto,1–10. https://www.academia.edu/29978868/Uji_Validitas_Instrumen
  23. Nugraheni, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inquiri Materi Pengukuran Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Natural (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 5(2).
  24. Nurhayati, Angraeni, L., & Wahyudi. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. EDUSAINS, 11(1), 12–20.
  25. OECD. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing: Paris-France.
  26. Pujiastutik, H. (2018). Peningkatan Sikap Literasi Sains Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Parasitologi. Jurnal Biogenesis, 14(2), 61–66
  27. Purnomo1, J., Susongko2, P., & Yuni Arfiani. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Discovery Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti,1(1), 35–42.
  28. Putri, A., Suciati, & Ramli, M. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA N 1 Cepogo. BIO-PEDAGOGI, 3 (2)(2009), 81–94.
  29. Rahayuni, G. (2016). “Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model PBM Dan STM”. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.JPPI, Vol. 2, No. 2. Hal. 131-146 e-ISSN 2477-2038 131
  30. Rahayu, C., & Festiyed. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika,
  31. 168
  32. 7(1), 1–6.
  33. Rica R Rishfah. (2013). Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Pada
  34. Pembelajaran IPA Terpadu Tema Pencemaran Air Di SMP Walisongo Sembayat.
  35. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 1(03).
  36. Sadler, T.D. Zeidler, D.L. &. Fowler, S.M. (2009). Moral sensitivity in the context of
  37. socioscientific issues in high school science students. International Journal of Science
  38. Education, 31(2), 279-296.
  39. Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-
  40. Ruzz Media.
  41. Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
  42. R&D.Alfabeda cv.
  43. Sunjoyo, Setiawan, R., Verani, C., Magdalena, N., & Kurniawan, A. (2013). Aplikasi SPSS
  44. untuk Smart Riset. In Alfabeta.
  45. Susetyo, B. B., Sumarmi, & Astina, K. I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Based
  46. Learning Berbasis Outdoor Adventure Education Terhadap Kecerdasan Spasial. Jurnal Pendidikan, 2(12), 1669–1675. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ %0AEISSN: 2502-471X
  47. Susongko,P. (2017). Penilaian Hasil Belajar Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, Andrian. (2013). Membangun Literasi Sains Peserta
  48. Didik. Bandung: Humaniora.
  49. Triyana, I. Y., I.B. Surya Manuaba, Md, Putra. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis
  50. Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Iv Tampaksiring Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1
  51. Utari, Yani Putri, dkk. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Online Prezi dalam Pokok Bahasan Alat Optik pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi Vol.5 No.2.
  52. Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
  53. Wulansari, B., Rokimah Hanik, N., & Adi Nugroho, A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning.
  54. Yusuf, M. T., & Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris, Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92
  55. Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal
  56. Tarbiyah(Juranl Illmiah Kependidikan), 7(1), 17–23.