Main Article Content

Abstract




Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara model pembelajaran course review horay berbantuan media tebak kata dengan model pembelajaran course review horay tanpa bantuan media tebak kata. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan quasi experimental design. Penelitian dilaksanakan pada SMP N 03 Talang, dengan subjek penelitian 2 sampel kelas VII. Kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen yang masing masing berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket minat dan juga pretest posttest. Análisis data dengan menggunakan perhitungan skala Likert dengan bantuan Microsoft Excel dan juga análisis uji independent simple t-test taraf sig. 0,05 dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat (1) perbedaan minat belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran course review horay berbantuan media tebak kata sebesar 78,25% (tinggi) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran course review horay tanpa media tebak kata sebesar 74% (sedang). (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan análisis uji independent simple t-test dengan nilai uji-t sebesar 0,042 atau lebih kecil dari 0,05.




Keywords

Course review horay Media Tebak Kata Minat dan Hasil Belajar

Article Details

References

  1. Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan Media Kartu terhadap Minat Belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 3(1)..
  2. Aisyah, N., Widiyanto, B., & Fatkhurrohman, M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal Nurul. 2(2).
  3. Anwar, M. S., Choirudin, Ningsih, E., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an Interactive Mathematics Multimedia Learning Based on Ispring Presenter in Increasing Students’ Interest in Learning Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1).
  4. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
  5. Astuti, A., Ardana, I. K., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3).
  6. Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Science and Phsis Education Journal, 2(2).
  7. 153
  8. Diandari, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi dan Kegunaannya Kelas III SDN Manggunharjo Semarang. 2(1).
  9. Fatkhurrohman, M. A., Nasibah, A., Hayati, M. N., & Fatkhomi, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran 3D Buklet Berbasis Literasi Sains Mukhammad. 6(2).
  10. Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2022). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Sumur-Banten. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1).
  11. Handayani, D., & Agustini, R. (2016). Pengembangan Permainan Tebak Kata sebagai Media Pembelajaran pada Materi Kimia Unsur. 5(2).
  12. Illingworth, S. (2020). Creative communication – using poetry and games to generate dialogue between scientists and nonscientists. 594, 2333–2338.
  13. Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta:Kemendikbud.
  14. Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. 1(2).
  15. Mu’mainah, I. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad 21 Melalui Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. 584–594.
  16. Primayana, K., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Minat Outdoor pada Siswa kelas IV. 9(2).
  17. Riantari, D. (2018). Pengembangan Media Permainan Tebak Kata pada Mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA. 6(2),.
  18. Supardi, Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2010). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. 2(1).
  19. Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. II(1).
  20. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).