Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kreativitas siswa setelah penerapan LKPD berbantuan kliping. (2) Untuk mengetahui perbedaan kreativitas siswa antara kelas LKPD berbantuan kliping dan kelas yang menggunakan poster. Jenis penelitian ini eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII G dan kelas VIII H di salah satu SMP Negeri Kabupaten Pemalang dengan jumlah sampel masing- masing 30 responden. Kelas VIII G merupakan kelas kontrol dan kelas VIII H merupakan kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar tes, lembar validasi, lembar angket. Data dianalisis dengan uji independent sampel t-Test dan uji N-Gain score yang sebelumnya data diuji dengan normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas siswa setelah penerapan LKPD berbantuan kliping sebesar 60,33 meningkat menjadi 83,66. Sedangkan tingkat efektivitas LKPD berbantuan kliping terhadap hasil belajar menunjukkan kategori sedang dengan perolehan nilai N-Gain score sebesar 0,5356 dan data hasil belajar yang dianalisis berdistribusi normal serta berdistribusi homogen. Perbedaan kreativitas siswa antara kelas LKPD berbantuan kliping dengan rata-rata indikator sebesar 0,84 dan kelas yang menggunakan poster dengan rata-rata indikator sebesar 0,51. Respon peserta didik setelah pembelajaran LKPD berbantuan kliping dengan rata-rata perolehan angket sebesar 85,73% dengan kategori tertarik.

Keywords

LKPD Kliping Project Based Learning Hasil Belajar Kreativitas

Article Details

References

  1. Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERPENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225
  2. Cahyaningsih, R. N., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 34. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014
  3. Handayani, I. D. A. T., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmah Siswa SMA Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–12.
  4. Masyithah. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Kliping Pada Siswa Kelas V SDN 06 Sialang Kubang. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 294–302. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
  5. Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan. 35.