Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Papan Lipat Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Tata Surya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains pada materi tata surya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis; 2) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains dengan kelas pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa berbantuan papan lipat sains dan (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, dengan design pretest-posttest control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Talang tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas VII G dan VII H. Kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yatu tes,angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu uji N-Gain Score dan uji independent t-Test, dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains pada materi tata surya efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 93,75% dan tingkat efektivitas N-Gain cukup efektif (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains dan kelas pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa berbantuan papan lipat sains dengan dibuktikan analisis uji independent sample t-test nilai sig yang diperoleh sebesar 0,018 < 0,05. (3) respon siswa terhadap pembelajaran kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains lebih tinggi yaitu sebesar 82,33% daripada kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa berbantuan papan lipat sains yaitu sebesar 75,33%.
Article Details
References
Artayasa, I. P., Susilo, H., Lestari, U.,Indriwati, S. E. 2017. The Effectiveness of The Three Levels of Inquiry in Improving Teacher Training Students’ Science Process Skills. Journal of Baltic Science Education, 16 (6), 908-918
Asrizal. 2020. Studi Pendahuluan Tentang Permasalahan dan Kesiapan Guru Untuk Mengimplementasikan Pembelajaran Ipa Terpadu pada Siswa SMP. Universitas Negeri Padang, 2(1), 57–65.
Azizmalayeri, K., Mirshahjafari, E., Sharif, M., Asgari, M., & Omidi, M. 2012. The Impact of Guided Inquiry Methods of Teaching on the Critical Thinking of High School Student. Journal of Education and Practice , 3(10), 42-47.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta. Penerbit Gava Media .
Dewi Larasati, Ardia. 2018. Keterampilan Berpikir Kritis Berbasis Model Guided Discovery Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup. Pensa e-jurnal, 6(2), 165-169
Ennis, R.H. 1991. Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philasophy, 14(1), 5-23.
Falahudin, I., Wigati, I. dan Pujiastuti, A. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan, 6(2), 112–119.
Fatkhurrohman, M. A. 2016. Efektivitas Pembelajaran IPA dengan Model Integrasi Pembelajaran Kooperatif STAD dan Peta Konsep. Pancasakti Science Education Journal, 1(1), 60–67.
Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. 2017. Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction, 10 (1),101-116.
Hajrin, M., Sadia, I. W. dan Gunandi, I. G. A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1),63–74.
Hasanah, U. 2018. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKPD Pada Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Cahaya Kelas VII MTS Fatahillah Ngaliyan Semarang. Skripsi UIN Walisongo.
Huda, A. 2013. Eksperimentasi Media Papan Lipat Dalam Meningkatkan Kemampuan Tarjamah Dasar Siswa Kelas VII A MTS Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Inayati, Iia, Enung N&Asep, S,.2020.Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan. UIN SMH Banten. Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 145
Kustandi, C. S. B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Laily. 2013. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 203–323.
Larasati, T. S. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pictorial Riddle Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Sma Kelas XI. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.
Lestari, Dirga Ayu. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V MIN 1 Serang. Tesis UIN Maulana Malik Ibrahim.
Mulyasa, H. E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, W. N. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 125-130.
Sofiah. 2015. Efektivitas Model Project Based Learning dengan Brainstorming Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Sistem Saraf. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Supriyatno, T., Lestari, D. A. dan Utami, U. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 1–14.
Surwanti, R. dkk. 2018. Meta-Analisis Pengaruh Lembar Kerja Siswa Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah. Universitas Negeri Padang.