Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui efektivitas pembelajaran jigsaw berbantuan crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan (2) mengetahui perbedaan komunikasi peserta didik yang menggunakan pembelajaran jigsaw berbantuan crossword puzzle dibandingkan dengan pembelajaran jigsaw tanpa berbantuan crossword puzzle. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen, dengan quasi experimental design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di kelas VII C dan kelas VII D di SMP Negeri 03 Talang. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sample adalah dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posttest) dan non tes (angket respon). Pengujian dengan menggunakan Microsoft excel dan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model peembelajaran jigsaw berbantuan crossword puzzle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan memperoleh nilai ketuntasan klasikal sebesar 78,12 % dan (2) terdapat perbedaan komunikasi peserta didik antara kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran jigsaw berbantuan crossword puzzle memperoleh rata-rata 70,31% dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran jigsaw tanpa berbantuan crossword puzzle memperoleh 58,28% dan dibuktikan hasil analisis pada uji t (independent t-test)yaitu didapat nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002 atau kurang dari 0,05.

Keywords

Crossword puzzle Jigsaw kemampuan komunikasi

Article Details

References

  1. Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Jurnal Lantanidda, 5(1).
  2. Adnyana, G. P. (2012). Konsep Siswa Pada Model Siklus Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3, 201–209.
  3. Ardiyanti, Y. N. A., Ananta, H., & Utomo, A. B. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Drill disertai Media Pembelajaran Crossword Puzzle SMPN 12 Semarang. Edu Komputika Journal, 3(2), 24–29.
  4. Damanhuri, Hakim, Z. R., & Pratiwi, M. U. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS. JPSD, 2.
  5. Gunarto. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press.
  6. Hamdayan, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Penerbit Ghalia Indonesia.
  7. Hastuti, S. P. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Pelaku Kegiatan Ekonomi Melalui Pembelajaran Crossword Puzzle Bagi Siswa Kelas VIII- H SMP Negeri 1 Jaten Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Harmony, 6.
  8. Herdiwati. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Crossword Puzzle untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Sosiologi. Jurnal Karya ILmiah Guru, 6(1), 101–107.
  9. Isaleha, Nurasiah, & Iswanto, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Srategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya. Educational Journal of History and Humanitie, 30(2).
  10. Khoirotunnisa, A. U. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jigsaw Puzzle Map Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Himpunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas VII Semester 1 Mtsn 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2015 / 2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 82–88.
  11. Lestari, Y., & Sb, N. S. (2014). Development Of Crossword Puzzles In The Learning Of Explanatory Text Summarization. Journal International Edu, 75–76.
  12. Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., Ismawati, R., & Tidar, U. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE).
  14. Prabawati, L., Subali, B., Saptono, S., & Mindyarto, B. N. (2021). Analisis Kepekaan Lingkungan Siswa Smp Pada Pembelajaran IPA Topik Pemanasan Global. Jurnal Improvement, 8(2), 36–46.
  15. Purwaningsih, S. (2019). Permainan Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Materi Sumpah Pemuda pada Siswa Kelas III SDN 1 Sidowayah Polanharjo Klaten Semester I Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 2, 314–328.
  16. Rahman, S., & Erianjoni. (2022). Increasing Students ’ Motivation And Geography Learning Outcomes Through Pq4r Strategy Based On Crossword Puzzle. International Journal of Formal Education, 1(1), 47–57.
  17. Romdon, H. F., Juhanda, A., & Suhendra. (2015). Penggunaan Penilaian Autentik Untuk Menilai Kemampuan Berkomunikasi Siswa Melalui Model Jigsaw Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Kependidikan, 1(2), 27–32.
  18. Santoso, M. H. (2021). Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. JPTM.
  19. Setiadi, I. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–12.
  20. Setiawan, I., & Rusman. (2018). Profil Keterampilan 4C Siswa SMP: Studi Awal Pada Dua SMP Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan.
  21. Sri, N. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Rejoagung 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Naskah Publikasi, 1–17.
  22. Susongko, P. (2017). Penelitian Hasil Belajar. Tegal:Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.
  23. Trianto. (2011). Mendesain Model Pembeljaran inovatif-Progresif. Jakarta; Kencana.
  24. Yaumi, Wisanti, & Admoko, S. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. E-Jurnal Pensa, 05, 38–45.
  25. Yusri, A. M. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemik Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92.
  26. Zahra, A. S., Fatkhurrohman, M. A., & Arfiani, Yu. (2021). Pengaruh Model Treffinger Berbasis Socio Scientific Issues Terhadap Critical Thinking Skills. Pancasakti Science Education Journal, 6(April), 1–9. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.110
  27. Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA.