Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media e-comic tata surya dengan penggunaan bahan ajar buku cetak, (2) Mengetahui efektivitas penggunaan media e-comic tata surya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan buku cetak dan (3) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media E-Comic tata surya dibandingkan dengan buku cetak. Jenis penelitian adalah quasi experimental dengan desain The-Non Equivalent Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Brebes dengan 2 subjek penelitian yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini diuji menggunakan uji independent sample t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai sig (2- tailed) 0,00 < 0,05. (2) Penggunan media e-comic tata surya terhadap  keterampilan berpikir kritis masuk pada kategori cukup efektif dengan perolehan N-gain keterampilan berpikir kritis sebesar 74,35% dan (3) Penggunaan media e-comic tata surya mendapat respon positif dengan perolehan rata-rata kelas sebesar 86% dengan kategori sangat baik.

Article Details

References

  1. Keller, J., & Suzuki, K. (2004). Learner motivation and E-learning design: A multinationally validated process. Journal of Educational Media, 29(3), 229–239.
  2. Khotimah, N., & Ratnawuri, T. (2021). ‘Pengembangan E-Comic Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Kebijakan Moneter Dan Kebijakan Fiskal Kelas XI SMA Paramarta Seputih Banyak’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), pp. 83–95.
  3. Kishi, M., Yamamoto, R., Tokito, J., Sugihara, M., Kaneko, D., & Kodaka, S. (2018). Trends In Qualitative Research In The Japan Society For Educational Technology. Educational Technology Research, 40(1), Pp. 1–11.
  4. Koutníková, M. (2017). Acta Educationis Generalis The Application of Comics in Science Education Acta Educationis Generalis. 7(3), 88–98. https://doi.org/10.1515/atd-2017-0026
  5. OECD. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79.
  6. Praptiwi, U. S., & Pamelasari, S. D. (2018). The Effectiveness Of Science Comic On The Materials Of Sound And Hearing Based On Problem Based Learning Toward Junior High School Students Learning Motivation And Outcome. Unnes Science Education Journal, 7(1), pp. 111–118.
  7. Rasiman, & Pramasdyahsari, A. S. (2014). Development of mathematics learning media e-comic based on flip book maker to increase the critical thinking skill and character of junior high school students'. International Journal of Education and Research, 2(11), pp. 535–544.
  8. Sulaiman, A., & Syakarofath, N. A. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 86.
  9. Susongko. P. (2017). Penilaian Hasil Belajar. Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.
  10. Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), pp. 80–91.
  11. Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 SDN Pajomblangan, Kedungwuni. Action Research Journal, 1(1), 88-93. 3(1), Pp. 16–20.
  12. Widana, I. N. S., Sumaryani, N. P., & Pradnyawati, N. L. W. A. (2018). Memicu Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Blended Learning Berbantuan Komik Digital. Emasains, 7(1), 38–48.