Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari bukti terdapat tidaknya korelasi positif antara literasi digital dan science process skills siswa SMP Negeri 1 Balapulang pada mata pelajaran IPA Materi sistem ekskresi. Penelitian ini didasari oleh dugaan adanya hubungan yang positif antara literasi digital dan science process skills siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Balapulang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis koefisien korelasinya adalah 0,796 yang berarti hubungaan kedua variabel adalah positif dan derajat hubungan kuat. Nilai signifikansi hitung pada koefisiem korelasinya 0,000 sehingga menolak Ho dan Ha diterima.

Keywords

literasi digital keterampilan proses sains science process skills

Article Details

References

  1. APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei
  2. Chabalengula, V. M., Mumba, F., & Mbewe, S. (2012). How pre-service teachers’ understand and perform science process skills. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 8(3), 167–176. https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.832a
  3. Damopolii, I., Yohanita, A. M., Nurhidaya, N., & Murtijani, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Jurnal Bioedutika, 6(1), 22. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.8029
  4. Defianti, A., Putri, D. H., Rohayati, S., Herawati, A., & Chen, L. Y. (2022). Development of E-Module Guideline on Basic Physics Practicum for Science Process Skills in a Pandemic Period. Journal of Natural Science and Integration, 5(1), 45. https://doi.org/10.24014/jnsi.v5i1.15595
  5. Hafiza, N., Rahayu, H. M., & Pasah Kahar, A. (2022). The Relationship Between Digital Literacy and Learning Outcomes in Biology Learning for Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 171–176. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1067
  6. Istikhomah, R. I., & Wachid, A. (2021). Filsafat Sebagai Landasan Ilmu dalam Pengembangan Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 59–64.
  7. Kaiful, U. (2013). Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 100–105. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/9788
  8. Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi Kompetensi Literasi Digital dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 132–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.35912
  9. Nur Hayati, M. (2019). Analyzing Technological Content Knowledge (Tck) Skills in Industry Revolution 4.0 Era. Unnes Science Education Journal, 8(1), 57–63. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
  10. Putri, E. R., Helendra, H., Hartanto, I., & Ahda, Y. (2019). Correlation of Basic Science Process Skills and Learning Outcomes of High and Low Level Students In Junior High School 35 Padang. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(2), 120. https://doi.org/10.24036/apb.v4i2.5854
  11. Qibtiah, M. (2021). DESIGN OF M-LEARNING BASED ON HOME SCIENCE PROCESS SKILL FOR SCIENCE LEARNING. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 7(2), 81–87. https://doi.org/10.21009/jisae.v7i2.20551
  12. Rusdi, M. A., Herliani, & Rijai, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Lab Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep 2020 / 2021. Jurnal Zarah, 9(2), 125–130.
  13. Rustan, N. A., Winarni, R., & Yamtinah, S. (2020). Analysis of Science Process Skill on Science Learning in Primary School. Proceedings of the 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.100
  14. Setyaningsih, R., & Prihantoro, E. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200–1214.
  15. Siagian, H. S., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Daring Siswa Kelas VII pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Simpang Tiga Laebingke Kecamatan Sirandorung. Jurnal Math Edu (Mathematic Education Journal), 4(2), 194–201. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2530
  16. Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 146–156. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327
  17. Sulastri, I., Sahala, S., & Mursyid, S. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Tentang Gerak Harmonis Peserta Didik Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9), 1–8.
  18. Susongko, P. (2016). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.
  19. Verdugo-Perona, J., Solaz-Portolés, J., & Sanjosé, V. (2015). Is digital literacy improving science education? The New Educational Review, 40(2), 155–166. https://doi.org/10.15804/tner.2015.40.2.13
  20. Vuorikari, R., Punie, Y., Carretero, S., & Van Den Brande, L. (2016). DigComp 2.0: The Digital Competence Framework for Citizens. In Jrc-Ipts (Issue June). Luxembourg Publication Office of the European Union. https://doi.org/:10.2791/11517
  21. Wiratman, A., Widiyanto, B., & Fadli, M. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah pada Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 185–197. http://oasisinternationaljournal.org/journals/2
  22. Yamtinah, S., Masykuri, M., Ashadi, M., & Shidiq, A. (2017). An Analysis of Students’ Science Process Skills in Hydrolysis Subject Matter Using Testlet Instrument. 158(Ictte), 101–110. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.36
  23. Yati Lestari, M., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indohesian Journal of Science and Mathematics Education, 1, 49–54. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index