PENGGUNAAN METODE WORDS OF THE DAY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS: PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Isi Artikel Utama

Rizqa Lestari Yunia Dwi Puspa
Yulia Nur Ekawati
Syafierra Meuthia Izzaty

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik terhadap
pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini diadakan dengan tujuan yaitu untuk mengoptimalkan
penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 1 Tegal dengan
menggunakan metode Words of the Day (WOTD) pada materi We’re going on Holiday. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dengan dua
kali pertemuan di setiap siklusnya. Penelitian ini diarahkan untuk mencari dan menemukan solusi
untuk menyempurnakan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
meliputi empat tahapan proses pembelajaran yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan
tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dari penelitian tindakan
kelas ini yaitu peserta didik SMP Negeri 1 Tegal kelas VIII D yang terdiri dari 31 orang dengan
rincian 16 orang peserta didik laki-laki dan 15 orang peserta didik perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian tindakan kelas ini menggunakan observasi,
tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan siklus I peserta
didik mengalami peningkatan sebanyak 58,06 % dan pada pelaksanaan siklus II peserta didik
mengalami peningkatan perbendaharaan kosakata sebanyak 70,96 %. Sehingga dari hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Words of the Day ini merupakan salah satu
metode yang efektif yang dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kosakata Bahasa
Inggris

Rincian Artikel

Bagian
Articles