PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS VII E UPTD SPF SMP NEGERI 12 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Isi Artikel Utama

Bilqis Adilah
Tity Kusrina
Mulyatmi Mulyatmi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat minat terhadap proses pembelajaran
dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan penelitian
yang berkaitan dengan Pendidikan Pancasila. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT),
dengan bantuan media audio visual, dalam konteks pembelajaran topik Menghormati Lingkungan
dan Budaya Lokal. Penelitian dilakukan di Kelas VII E UPTD SPF SMP Negeri 12 Tegal. Penelitian
ini menggunakan angket minat dan ujian hasil belajar sebagai instrumen penelitian. Kegiatan
dilakukan dalam dua iterasi, masing-masing terdiri dari empat tahapan: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dengan menggunakan model spiral untuk analisis data.
Temuan penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kecenderungan siswa
terhadap pembelajaran, dengan persentase meningkat dari 37% selama fase pra-siklus, menjadi
56% selama siklus I, dan akhirnya mencapai 81% selama siklus II. Hasil belajar siswa
menunjukkan peningkatan yang cukup besar selama masa studi. Awalnya, rata-rata pra-siklus
mencapai 57, disertai dengan tingkat penyelesaian 22%. Namun pada siklus I rata-rata naik
menjadi 68 dengan tingkat penyelesaian 52%. Kecenderungan positif ini berlanjut pada siklus II,
dimana rata-rata meningkat menjadi 80 disertai dengan tingkat penyelesaian sebesar 85%.
Temuan ini menunjukkan korelasi positif antara tingkat minat tinggi dan peningkatan kinerja
akademik di kalangan siswa..

Rincian Artikel

Bagian
Articles