PENERAPAN MEDIA INOVATIF CLASSPOINT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SOSIAL EMOSIONAL LEARNING

Main Article Content

Mutiara Budhi Nuursya’baani
Eka Farida Fasya
Amin Bachtiar

Abstract

Matematika menjadi mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan bagi peserta didik. Kesulitan yang dijumpai peserta didik memuat konsep perhitungan dan penggunaan rumus yang komplek. Berdasarkan dengan data survei terbuka yang dilakukan kepada peserta didik, ditemukan data opini peserta didik terhadap pembelajaran matematika didominasi dengan image sulit, menyebalkan, ngantuk, dan membosankan. Karakteristik pasif, ngantuk dan meraasa bosan inilah yang dipengaruhi oleh kondisi sosial dan emosional peserta didik yang berbeda-beda. Untuk dapat menciptakan pembelajaran matematika yang interaktif di dalam kelas seorang guru perlu menerapkan media pembelajaran dan model pembelajaran yang tepat. Meskipun demikian, penerapan media pembelajaram perlu dibarengi dengan strategi pembelajaran yang tepat sehingga mampu membangun karakter peserta didik yang aktif. Untuk dapat menjawab permasalahan tersebut, pada kegiatan ini akan dibuat penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan media interaktif Classpoint dan pendekatan Sosial Emosional di jenjang kelas X Materi Statistika dan Pengolahan Data. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pengambilan data berupa hasil belajar peserta didik dengan lembar observasi dan Dokumentasi penyelesaian soal. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan antar respon pembelajaran konvensional dengan penerapan media interaktif classpoint dijenjang kelas X SMAN 2 Brebes. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan optimalisasi tujuan pembelajaran matematika di kelas.

Article Details

Section
Articles