PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI CERITA FANTASI

Main Article Content

Firman Novanda
Khusnul Khotimah
Tjasipah Tjasipah

Abstract

Best Practices membantu guru meningkatkan kualitas dan efisiensi pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran yang efektif serta didukung oleh media interaktif dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Tujuan dari praktik pengalaman pembelajaran yaitu untuk memperbaiki motivasi belajar peserta didik kelas VII F SMPN 1 Dukuhturi dalam mempelajari materi cerita fantasi melalui penerapan model pembelajaran PBL yang didukung dengan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Metode deskriptif kualitatif digunakan. Hasil praktik baik menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dengan media interaktif dapat secara signifikan mendorong motivasi peserta didik dalam belajar. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL serta dukungan media pembelajaran interaktif menghasilkan peningkatan aktivitas peserta didik selama pembelajaran. Misalnya, aktivitas aktif mengemukakan pendapat mencapai 78,125%, kerja sama kegiatan kelompok mencapai 87,5%, dan tanggung jawab yang ditunjukkan oleh peserta didik mencapai 90,625%. Selain itu, 32 peserta didik berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, terlihat jug dari peningkatan hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 82.

Article Details

Section
Articles