IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DAN SMART DART PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi media pembelajaran Wordwall dan Smart Dart pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif sebagai informasi pendukung. Teknik pengambilan data kuantitatif menggunakan instrumen angket, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik pada fase sebelum dan setelah implementasi media pembelajaran Wordwall dan Smart Dart pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Rata-rata nilai motivasi belajar peserta didik setelah implementasi media pembelajaran tersebut mengalami peningkatan dari 3,18 menjadi 4,47 dari total skor 5. Hal ini didukung dengan kondisi peserta didik yang semakin terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran dan antusiasme yang lebih tinggi daripada saat menerapkan pembelajaran sebelumnya. Mayoritas peserta didik memberikan respon yang positif terhadap implementasi media pembelajaran Wordwall dan Smart Dart. Kendala yang dihadapi yaitu pelaksanaan yang membutuhkan waktu yang lebih lama, sehingga tidak semua peserta didik mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari Mistery Box. Hal ini berbeda dari rencana awal yang mana setiap peserta didik harus menjawab satu pertanyaan.