MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DENGAN LKPD BERBANTUAN GAME UBUR-UBUR MATERI BENTUK FUNGSI
Main Article Content
Abstract
Artikel ini memaparkan best practice dalam meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII saat pembelajaran matematika melalui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan game ubur-ubur pada materi bentuk fungsi. Praktik terbaik ini diterapkan di kelas VIII E SMPN 8 Tegal dengan tujuan utama untuk mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya saat diskusi dan pengerjaan soal. Praktik baik ini menggunakan teknik pengumpulan data yang beragam, yaitu observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati perilaku dan interaksi peserta didik selama pembelajaran, dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa foto dan video. Instrumen utama yang digunakan dalam observasi ini adalah LKPD berbantuan game ubur-ubur. LKPD ini dirancang dengan mengintegrasikan elemen permainan yang menarik dan interaktif, sehingga mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi peserta didik dalam belajar. Berdasarkan refleksi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbantuan game ubur-ubur terbukti dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam diskusi dan pengerjaan soal, serta meningkatnya semangat dan antusiasme mereka dalam belajar matematika.