PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERINTEGRASI KOMPETENSI SOSIO EMOSIONAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Main Article Content

Dikha Rizki Palupi
Akhmad Badawi

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan
model pembelajaran PBL terintegrasi Kompetensi Sosio Emosional (CASEL) di kelas VIII C SMP
N 7 Tegal pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas yang dilakukan selama 3 siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi pada setiap siklusnya. Instrumen data yang digunakan angket motivasi, angket KSE dan
tes hasil belajar. Analisis data berbantuan excel 2013 untuk mengolah data angket dan hasil
belajar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan motivasi dan perkembangan KSE tiap
indicator yang tinggi dengan persentase 75% - 100% dan ketuntasan hasil belajar yang
meningkat dari 68,12 menjadi 90,32.

Article Details

Section
Articles