PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP N 7 TEGAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning
untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep kelas VIII E; (2) keefektifan penggunaan
model discovery learning dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep kelas VIII E.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan objek penelitian kelas VIII E
sejumlah 29 peserta didik dengan 3 siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui
keaktifan dan pemahaman konsep dengan menggunakan lembar angket keaktifan dan soal
pretest-posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model discovery dapat meningkatkan keaktifan dengan
persentase rata-rata tiap indikator 76% pada siklus 1, 79% pada siklus 2 dan 84% pada siklus 3
dengan indikator keberhasilan sebesar 80%. Pemahaman kognitif mengalami kenaikan antar
siklus dengan hasil posttest siklus 1 dengan nilai rata-rata 79, siklus 2 dengan nilai rata-rata 96,
dan siklus 3 dengan hasil rata-rata 100; (2) model discovery learning efektif meningkatkan
pemahaman konsep dilihat dari ketuntasan hasil ulangan harian sebesar 93% dan keaktifan
peserta didik dengan persentase akhir 84% dengan katagori sangat baik