PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA TTS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMA
Negeri 3 Tegal pada mata pelajaran Ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournaments (TGT) dengan media Teka-teki Silang (TTS). Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas X6 SMA N 3 Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments(TGT) dengan media
Teka-teki Silang (TTS) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik kelas
X6 SMA Negeri 3 Tegal. Terdapat peningkatan keaktifan belajar dari 43% menjadi 89% untuk
keaktifan belajar, serta peningkatan hasil belajar dari rata-rata kelas 58 menjadi 80.