PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X-7 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 TEGAL

Main Article Content

Arum Wijayanti
Basukiyatno Basukiyatno
Darwati Darwati

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based
learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X-7 pada mata
pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Tegal. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi
observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam mata pelajaran ekonomi, Kriteria Ketuntasan Minimal
ditetapkan sebesar 70. Selain itu, ketuntasan belajar klasikal dianggap tercapai jika jumlah
peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar perorangan dalam satu kelas mencapai
75% atau lebih. Hasil penelitian menunjukan keaktifan peserta didik mengalami peningkatan
dengan rata-rata keaktifan peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 4 Tegal dari 71,44% dengan
keriteria cukup aktif menjadi 94,44% dengan kategori aktif. Persentase hasil belajar peserta
didik kelas X-7 SMA Negeri 4 Tegal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar
52,78% yaitu dari 47,22% menjadi 100%. Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari
63,33 menjadi 84,31. Hasil belajar peserta didik sudah memenuhi nilai ketuntasan klasikal
sebesar 75%.

Article Details

Section
Articles