PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMAHAMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN APLIKASI WORDWALL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui penerapan Model Project Based Learning (PBL) dengan menggunakan aplikasi Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan praktik best practices. Praktik ini dilakukan di kelas X MPLB 2 SMKN 1 Dukuhturi Tegal selama dua bulan. Data-data diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan refleksi pengalaman pembelajaran guru dan peserta didik. Hasil praktik menunjukkan bahwa penggunaan Model PBL dengan Wordwall meningkatkan interaksi, visualisasi, dan minat belajar peserta didik. Guru dan peserta didik merespons positif terhadap integrasi ini, mengakui keberhasilannya dalam memperdalam pemahaman konsep dan meningkatkan minat belajar. Dengan demikian, praktik ini memberikan landasan untuk penyesuaian dan perbaikan di masa depan guna meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia. Abstrak ini mencakup tujuan, metode, serta hasil pelaksanaan praktik best practices dengan menggunakan Model PBL dan Wordwall