PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi yaitu strategi pembelajaran yang didasarkan pada kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan asal penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa dengan memakai model pembelajaran berbasis masalah. Berbagai praktik pembelajaran yang berbeda penting dilakukan karena pembelajaran yang berbeda mempertimbangkan keberagaman kemampuan dan karakteristik peserta didik. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Pembelajaran berdiferensiasi memiliki empat aspek yang dapat dikontrol pendidik, yaitu ada isi, proses, produk, dan lingkungan belajar. Pendidik dapat mengklasifikasikan kebutuhan belajar siswa sesuai 3 aspek, yaitu gaya belajar, minat, serta profil belajar. Peserta didik akan bekerja lebih baik ketika pendidik menghubungkan tugas dengan kemampuan siswa dan pengetahuan sebelumnya, merangsang rasa ingin tahu dan keinginan mereka, dan menawarkan mereka kesempatan untuk bekerja sesuai kecepatan mereka sendiri. Salah satu cara guru mencapai keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran merupakan dengan menentukan contoh pembelajaran yang sinkron menggunakan mata pelajaran dan melatih siswa berpikir mandiri dan kreatif pada kegiatan pembelajaran. Tujuan asal penulisan ini ialah untuk menganalisis balik dampak model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif.