Main Article Content

Abstract

Tujuan best practice yaitu meningkatkan kualitas dan efisiensi, best practice membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta didiknya dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Praktik pengalaman pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan peningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Talang dalam memahami materi Cara Mengumpulkan Data dalam Artikel Ilmiah Populer. Metode yang telah digunakan dalam best practice ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan temuan praktik, mayoritas peserta didik (80%) memiliki gaya belajar auditori, sedangkan 14% peserta didik mengandalkan gaya belajar visual. Hanya 1% peserta didik yang cenderung menggunakan gaya belajar kinestetik. Dalam pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, peserta didik menunjukkan antusiasme dan keterlibatan yang lebih tinggi. Mereka aktif dalam menggali materi pembelajaran, dan proses pembelajaran diarahkan untuk memahami materi yang disesuaikan dengan minat belajar individu. Ketika pendidik menyampaikan materi, peserta didik menunjukkan ekspresi senang dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil tersebut dapat direkomendasikan kepada pendidik dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kelas menjadi usaha untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda-beda maka hal tersebut dapat terwujud pembelajaran yang menyenangkan dan lebih bermakna di dalam kelas.

Keywords

bahasa Indonesia diferensiasi gaya belajar pendidik pesera didik

Article Details