BEST PRACTICE PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu guru untuk memberikan materi dan melakukan evaluasi pembelajaran. Pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik dapat diciptakan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif. Latar belakang dari praktik baik ini adalah: (1) Peserta didik yang tidak aktif selama pembelajaran berlangsung; (2) pada saat pembelajaran media pembelajaran inovatif belum dimanfaatkan oleh guru, sehingga pembelajaran masih terpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah utuk membuat peserta didik menjadi aktif selama pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran wordwall. Pada penelitian kali ini, peneliti melakukan praktik baik yang disusun dengan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi dan Dampak). Pihak yang terlibat pada praktik baik ini adalah peserta didik kelas 7E SMPN 1 Kramat. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik observasi. Dalam praktik pembelajaran peneliti menggunakan media pembelajaran wordwall untuk membantu guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Hasil praktik baik pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).