Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu guru untuk  memberikan materi dan melakukan evaluasi  pembelajaran. Pembelajaran  yang bermakna  bagi  peserta  didik dapat  diciptakan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif. Latar belakang dari praktik baik ini adalah: (1)  Peserta  didik  yang  tidak aktif  selama  pembelajaran berlangsung;  (2)  pada saat pembelajaran media pembelajaran inovatif belum dimanfaatkan oleh guru, sehingga pembelajaran masih  terpusat pada guru.  Tujuan  dari  penelitian ini  adalah  utuk membuat peserta didik menjadi aktif selama pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran wordwall. Pada penelitian kali ini, peneliti melakukan praktik baik yang disusun dengan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi dan Dampak). Pihak yang terlibat pada praktik baik ini adalah peserta didik kelas 7E SMPN 1 Kramat. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik observasi. Dalam praktik pembelajaran peneliti menggunakan media pembelajaran wordwall  untuk membantu  guru  dalam meningkatkan  keaktifan  peserta didik  saat pembelajaran berlangsung. Hasil praktik baik pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).