Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi media pembelajaran Wordwall dan Smart Dart pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian  yang  digunakan  adalah  kuantitatif  dan  kualitatif  sebagai informasi pendukung. Teknik pengambilan data kuantitatif menggunakan instrumen angket, sedangkan  data  kualitatif  diperoleh  dari  hasil  wawancara.  Hasil  penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik pada fase sebelum dan setelah implementasi media pembelajaran Wordwall dan Smart Dart pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Rata-rata nilai motivasi belajar peserta didik setelah implementasi media pembelajaran tersebut mengalami  peningkatan  dari  3,18 menjadi  4,47  dari  total  skor  5.  Hal  ini  didukung  dengan kondisi peserta didik yang semakin terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran dan antusiasme yang lebih tinggi daripada saat menerapkan pembelajaran sebelumnya. Mayoritas peserta didik memberikan respon yang positif terhadap implementasi media pembelajaran Wordwall dan Smart Dart. Kendala yang dihadapi yaitu pelaksanaan yang membutuhkan waktu yang lebih lama,  sehingga  tidak  semua  peserta  didik  mendapatkan  kesempatan  untuk  menjawab pertanyaan dari Mistery Box. Hal ini berbeda dari rencana awal yang mana setiap peserta didik harus menjawab satu pertanyaan.