Main Article Content
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam adalah salah satu mata pelajaran yang dapat meningkatkan kecakapan, kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan mandiri bagi peserta didik. Namun, banyak peserta didik menganggap mata pelajaran IPA sulit dipahami, sehingga mereka tidak terlalu tertarik untuk mempelajarinya. Hal serupa terjadi pada hasil belajar peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 14 Kota Tegal yang masih tergolong rendah secara nilai rata-rata kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar yaitu model kooperatif tipe ’learning posts’. Tujuan dari best practice ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dari penerapan model kooperatif tipe ’learning posts’ dalam peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 14 Kota Tegal. Pelaksanaan best practice dilaksanakan dari tanggal 17 April 2024 s.d. 21 Mei 2024 dengan subjek peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 14 Kota Tegal berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu secara tes berupa rata-rata nilai pre- test dan post-test dengan melihat presentase peserta didik yang telah tuntas atau meraih nilai diatas KKM (≥75) pada pre-test maupun post-test. Hasil implementasi best practice menunjukkan kenaikan rata-rata nilai post-test serta presentase peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM untuk pre-test yaitu sebesar 8% sedangkan presentase nilai diatas KKM untuk post-test yakni  sebesar 60%.  Oleh  karena itu model  pembelajaran kooperatif tipe  ’learning posts’ dikatakan mampu meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 14 Kota Tegal.