Main Article Content
Abstract
Tujuan pelaksanaan best practices ini peserta didik mampu menyelesaikan persoalan mengenai materi  statistika  dengan  mengaitkan  pada  kebudayaan  Tegal  sehingga  partisipasi  dalam pembelajaran  dapat  terwujud  dengan  baik.  Pada  zaman  yang  mulai  berkembang  dengan penggunakan tekhnologi yang semakin massif membuat peserta didik terkadang lupa akan kebudayaan yang mereka punya, oleh karenanya diterapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada materi pemusatan data (mean,median dan modus). Pelaksanaan kegiatan best practices  ini diawali dengan melakukan observasi latar belakang dan karakteristik peserta didik di kelas VIII B, kemudian menyusun rencana pelaksanan dan penerapan di dalam kelas secara langsung. Penggunaan Culturally Responsive Teaching dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik ikut serta secara aktif dalam pembelajaran, pada materi statistika peserta didik rata- rata mendapatkan nilai 75 untuk keaktifan selama mengikuti sesi pembelajaran di kelas.