Main Article Content

Abstract

Minat belajar merupakan modal awal untuk peserta didik mau belajar. Guru sebagai fasilitator dapat  mendukung  proses  pembelajaran  dengan  menyiapkan  pembelajaran  yang  berpihak kepada peserta didik.   Adapun latar belakang masalah yang menyebabkan rendahnya minat peserta didik dalam proses pembelajaran PKn di SMP Negeri 2 Tarub adalah 1) Penyampaian materi kurang menarik dan tidak menyenangkan (guru hanya menggunakan satu media pembelajaran,  yaitu  buku  paket).  2)  guru  belum  menggunakan  media  pembelajaran  yang inovatif dan kreatif. 3) Peserta didik merasa bosan mengikuti pembelajaran Pkn, metode yang selalu dilakukan guru adalah ceramah dan penugasan menyalin dari buku teks. Oleh sebab itu untuk mengatasi permasalahan  tersebut guru sebagai fasilitator dalam proses  pembelajaran harus menggunakan metode, media inovatif pembelajaran yang sesuai abad 21 dengan menerapkan berbagai model pembelajaran inovatif dengan bantuan alat peraga dan media pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedagogik and Content Knowledge) seperti quizizz, wordwall sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pembelajaran pada abad 21. Respon peserta didik melalui google form terhadap desain inovasi pembelajaran siklus 1 terbimbing sebanyak 88 % peserta didik menyukai kegaitan pembelajaran dengan mengkaitkan budaya yang ada didaerah dengan menggunakan media gambar, dan vidio melalui PPT. pada siklus 2 terbimbing sebanyak 70% peserta didik menyukai LKPD yang beragam, dan pada siklus 1 mandiri peserta didik sebanyak 91% menyukai kegiatan pembelajaran dengan menggunakan quizizz.

Keywords

Desain Inovasi Pembelajaran Minat peserta didik Pembelajaran Inovatif

Article Details