Main Article Content

Abstract

Pendidikan di era digital menuntut inovasi dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan relevansi bagi siswa. Metode pengajaran tradisional seringkali kurang mampu merangsang minat dan partisipasi aktif siswa, yang berdampak negatif pada pemahaman materi dan hasil belajar. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model Problem based learning (PBL) tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Kahoot. Tujuan penulisan best practise untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran PBL tipe NHT berbantuan Kahoot. Subjek penelitian ini  adalah  peserta  didik kelas  VII  A  SMPN  4 Tegal  yang  berjumlah  27  siswa.  Penelitian  ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Angket dibagikan kepada peserta didik melalui link Google Form untuk mengukur respon mereka terhadap model pembelajaran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% peserta didik merasa senang dan puas dengan pembelajaran menggunakan PBL tipe NHT berbantuan Kahoot. Selain itu, hasil belajar menunjukkan mayoritas siswa mencapai ketuntasan. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model PBL tipe NHT berbantuan Kahoot efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Keywords

kahoot motivasi numbered head together

Article Details