Inovasi Pembelajaran: Eksplorasi Keefektifan Model Problem based learning Tipe NHT Berbantuan Kahoot
Main Article Content
Abstract
Pendidikan di era digital menuntut inovasi dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan relevansi bagi siswa. Metode pengajaran tradisional seringkali kurang mampu merangsang minat dan partisipasi aktif siswa, yang berdampak negatif pada pemahaman materi dan hasil belajar. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model Problem based learning (PBL) tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Kahoot. Tujuan penulisan best practise untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran PBL tipe NHT berbantuan Kahoot. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMPN 4 Tegal yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Angket dibagikan kepada peserta didik melalui link Google Form untuk mengukur respon mereka terhadap model pembelajaran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% peserta didik merasa senang dan puas dengan pembelajaran menggunakan PBL tipe NHT berbantuan Kahoot. Selain itu, hasil belajar menunjukkan mayoritas siswa mencapai ketuntasan. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model PBL tipe NHT berbantuan Kahoot efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.